Kalahkan Kamboja, Timnas U-22 Selesaikan Misi Pertama

Kalahkan Kamboja, Timnas U-22 Selesaikan Misi Pertama

Titan Agung membuka keunggulan Indonesia 2-1 atas Kamboja pada Rabu (10/5) di National Olympic Stadium, Phnom Penh-PSSI-

HARIAN DISWAY - Timnas U-22 berhasil menjadi juara Grup A. Mereka menyapu bersih kemenangan dalam empat pertandingan di penyisihan grup. Skuad berjuluk Garuda Nusantara memastikan diri sebagai juara grup setelah mengalahkan Kamboja 2-1 di National Olympic Stadium, Phnom Penh pada Rabu, 10 Mei 2023.

Anak asuh Indra Sjafri tersebut berhasil menyelsaikan misi pertama dengan menjadi juara grup. Serta lolos ke semifinal. Sekarang sereka harus melalui dua tahap lagi untuk bisa mengakhiri paceklik emas selama 32 tahun. Indonesia terakhir kali meraih medali emas di SEA Games 1991 silam.

Babak semifinal akan berlangsung pada Sabtu (13/5) mendatang. Indonesia akan melawan runner-up Grup A, antara Vietnam atau Thailand. Kedua tim tersebut akan menjalani laga penentuan pada Kamis, 11 Mei 2023 pukul 19.00 WIB di Visakha Stadium.

Untuk sementara ini Thailand memimpin Grup B dengan tiga kemenangan. Identik dengan Vietnam. Tetapi Thailand lebih unggul dengan selisih dua gol. Dalam tiga pertandingan Vietnam mengemas 7 gol dan 2 kali kebobolan.

Hasil pertandingan terakhir ini sekaligus memupus harapan Kamboja untuk lolos ke semifinal. Sebab, posisi runner-up ditempati oleh Myanmar. Pada saat yang sama Myanmar menang 1-0 dari Filipina. Sebelumnya Myanmar juga menekuk Kamboja dua gol tanpa balas pada Minggu, 7 Mei lalu.

Keunggulan Indonesia dibuka sepuluh menit di babak pertama melalui gol Titan Agung. Kamboja sempat menyamakan kedudukan melalui sundulan Sin Sovannamakara pada menit ke-45+1. Usai turun minum, Beckham Putra membawa Indonesia memimpin di menit ke-51.

Gol Sovannamakara itu sekaligus menjadi kebobolan pertama Indonesia di ajang SEA Games 2023. Meski begitu Garuda Nusantara tetap menjadi tim paling produktif dengan mencetak 13 gol dalam empat pertandingan.

Kamboja sebenarnya memiliki peluang menyamakan kedudukan melalui titik putih. Hal ini terjadi setelah Muhammad Ferarri melakukan pelanggaran terhadap Son Rotana. Untungnya kiper M. Adi Satryo berhasil menepis tendangan Lim Pisoth pada menit ke-81.

Indonesia memimpin Grup A setelah mengemas 12 poin. Tim asuhan Indra Sjafri itu sebelumnya telah mengalahkan Filipina 3-0, lalu menekuk Myanmar 5-0, dan membungkam Timor Leste tiga gol tanpa balas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: