Survei ARCI: Warga Nahdliyin Cenderung Pilih Prabowo

Survei ARCI: Warga Nahdliyin Cenderung Pilih Prabowo

Direktur ARCI Baihaki Sirajt menjelaskan hasil survei yang dilakukan di Jawa Timur.-Michael Fredy Yacob-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Sebagian besar warga Nahdlatul Ulama (NU) di Jatim mengarahkan pandangannya ke Prabowo Subianto. Mereka ingin menteri pertahanan RI itu menjadi presiden RI menggantikan Joko Widodo.

Sinyal itu terkuak setelah Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mengumumkan hasil surveinya. Namun, itu terjadi ketika simulasi survei dengan tiga nama calon. Bahkan, suara Prabowo merata di beberapa sektor pemilih. 

"Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi di Jawa Timur: 29,7 persen. Unggul dari Ganjar Pranowo di angka 28,5 persen dan Anies Baswedan sebanyak 15,2 persen. Ada 23,3 persen masyarakat yang belum menjawab," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt, Rabu 10 Mei 2023.

Dalam survei capres top of mind, Baihaki juga mengungkapkan, Prabowo masih unggul dengan 17,7 persen. Kemudian Ganjar Pranowo 17,3 persen, Anies Baswedan 11,9 persen, Mahfud MD 9,7 persen. Tetapi sebanyak 43,3 persen responden masih belum menentukan pilihan.

Pun, saat mereka menyimulasikan dengan tokoh Jawa Timur (Mahfud MD dan Khofifah Indar Parawansa, Red.) dengan komposisi tiga atau empat calon, elektabilitas Prabowo tetap unggul di Jatim. "Faktor utamanya memang Prabowo ini cukup banyak dipilih warga Nahdliyin," tegasnya.

Sayangnya, survei itu telah selesai dilakukan saat Ganjar Pranowo datang ke Jawa Timur. Sehingga, Baihaki belum mengetahui dampak yang terjadi dengan elektabilitas ketiga nama yang kini menjadi perbincangan warga: Prabowo, Ganjar dan Anies. "Itu akan kelihatan di survei berikutnya," terangnya.

Survei ini dilakukan pada 25 April-4 Mei 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel sebanyak 1.249 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten-kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Simulasi capres-cawapres di Jatim menurut survei ARCI (komposisi 3 calon):

1. Prabowo Subianto-Mahfud MD 36,2 persen

2. Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno 29,7 persen

3. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 20,7 persen

4. Tidak menjawab/tidak tahu 13,4 prsen

 

Simulasi capres-cawapres di Jatim menurut survei ARCI (komposisi 4 calon):

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: