Atlet Wushu Daffa Golden Boy Raih Emas ke-38 untuk Indonesia

Atlet Wushu Daffa Golden Boy Raih Emas ke-38 untuk Indonesia

Atlet asal Surabaya Daffa Golden Boy meraih emas di nomor Jianshu/Qiangshu putra di SEA Games 2023-ANTARA-

HARIAN DISWAY - Daffa Golden Boy menjadi peraih emas pertama untuk tim wushu Indonesia di SEA Games 2023. Daffa menjadi yang terbaik di nomor Jianshu/Qiangshu putra. Ini adalah emas ke-38 yang diperoleh Indonesia di multiajang dua tahunan tersebut.

Tampil di Hall A Chroy Changvar Convention Center di Phnom Penh pada Kamis, 11 Mei 2023, Daffa mendapatkan total nilai 19,3 poin. Ia memperoleh 9,67 di Jiangshu. Serta nilai 9,65 di Qiangshu. Nilai ini membawa Daffa menjadi yang terbaik.

Daffa mengungguli Wong Weng Song  (Malaysia) yang mengumpulkan total nilai 19,1. Sementara Sandrex Navida Gainsan (Filipina) merebut emas dengan total nilai 18,9.

Betapa bersyukurnya Daffa meraih emas di SEA Games 2023 di Kamboja. Apalagi sebelumnya ia hanya mendapatkan medali perunggu nomor Qiangshu di SEA Games 2017 di Malaysia. "Medali emas ini untuk keluarga dan juga masyarakat Indonesia," ucap atlet 23 tahun asal Surabaya itu.

Selain Daffa Golden Boy, tim wushu Indonesia juga mendaptkan perak di nomor Daoshu/Gunshu melalui Edgar Xavier Marvelo. Sedangkan rekan satu kota Daffa, yakni Seraf Naro Siregar mendapatkan perunggu di nomor Daoshu/Gunshu. Medali emas di nomor ini direbut Jowen Lim dari Singapura.

"Harusnya Edgar meraih emas. Nilai yang diberikan kepada atlet Singapura untuk nomor Gunshu itu terlalu mencolok," keluh Sekjen PB WI Ngatino.

Jowen Lim meraih total nilai 19,386 (9,710 Daoshu + 9,676 Gunshu). Sementara Edgar mencatat total nilai 19,382 (9,699 Daoshu + 9,686 Gunshu). "Nilai yang didapat lawan memang terlalu mencolok. Tapi, sudahlah. Mungkin itu bukan rezeki saya," ucap. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: