PDIP Kerahkan 14 Artis Jadi Bacaleg, Denny Cagur dan Once Bergabung

PDIP Kerahkan 14 Artis Jadi Bacaleg, Denny Cagur dan Once Bergabung

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyerahkan berkas bacaleg kepada Ketua KPU Hasyim Asy'ari.-KPU-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kalau  dulu partai artis disematkan kepada PAN, kini gelar itu bisa jadi cocok untuk PDIP. Partai berlambang banteng moncong putih itu memiliki 14 artis di daftar bakal calon anggota legislatif DPR RI. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dengan bangga memperkenalkan nama mereka setelah mendaftarkan Bacaleg ke KPU. 

Ke-14 nama itu adalah Rano Karno, Rieke Dyah Pitaloka, Krisdayanti, Harvey Malaihollo, Nico Siahaan, Once Mekel, Lita Zein, Marcell Siahaan, Taufik Hidayat Udjo, Denny Cagur, Tamara Geraldine, Sari Koeswoyo, Andre Hehanussa,dan  Lucky Perdana

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan ada 580 bakal calon anggota legislatif 2023. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak tambak dalam pendaftaran ini. Menurut Hasto, Megawati menyaksikan pendaftaran Bacaleg serentak se-Indonesia. 

BACA JUGA:Daftarkan 120 Caleg, PDIP Ingin Rebut 44 Kursi DPRD Jatim

Hingga kini baru ada 6 partai yang mendaftar ke KPU Pusat. Khusus kemarin, 11 Mei 2023, ada empat parpol yang mendaftar, yakni PDIP, Nasdem, Partai Ummat, dan Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda). Sebelumnya, PKS dan Hanura juag telah mendaftarkan Bacalegnya. 

Semua partai yang mendaftar itu, diterima komisioner KPU RI di ruang sidang utama lantai dua, Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Artinya, tersisa 12 partai politik lagi yang belum melakukan pendaftaran bacaleg mereka. Pendaftaran itu akan berakhir pada 14 Mei 2023.

Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik Yulianto Sudrajat mengatakan, beberapa partai sudah mengkonfirmasi beberapa partai akan mendaftarkan calegnya hingga penutupan nanti. Untuk mengantisipasi membludaknya KPU RI sudah sudah menyiapkan mekanisme tersendiri.

"Salah satunya, di hari terakhir nanti, kami akan memprioritaskan partai yang mengkonfirmasi ke kami terlebih dahulu. Nanti, kami urutkan. Karena itu, sebelum mendaftarkan bacaleg-nya, partai politik mengajukan surat. Sehingga bisa diurutkan," katanya melalui live streaming di akun Youtube KPU RI, Kamis, 11 Mei 2023. 

Partai Ummat juga mendaftarkan 580 bacaleg. Sebagian besar dari calon itu, adalah tokoh-tokoh alumni 212. Termasuk mantan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Habib Muhsin Ahmad Alatas. Ia akan bertarung di tingkat DPR RI. Dari jumlah itu, keterwakilan perempuan sebanyak 51 persen. 

"Dari 212 itu banyak lah ya di terutama di wilayah Jawa Barat, Jakarta, Banten, terus Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi ada juga. Tapi yang paling banyak Jabodetabek," kata Wakil Ketua Umum Partai Ummat Nazaruddin, usai mendaftar bacalegnya di kantor KPU. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: