Usai Kalahkan Vietnam, Timnas Basket Putra Melaju ke Semifinal

Usai Kalahkan Vietnam, Timnas Basket Putra Melaju ke Semifinal

Anthony Beane Jr. (kanan) mencoba melewati Minh Ton Nguyen (kiri) saat pertandingan Indonesia vs Vietnam (12/5) -Ariya Kurniawan-

Timnas basket putra memastikan diri ke semifinal SEA Games 2023. Tim asuhan Milos Pejic itu memetik dua kemenangan di fase grup. Kemenangan kedua diraih setelah mengalahkan Vietnam 88-82 pada Jumat (12/5) di Elephant Hall 2, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh.

 

Dalam pertandingan itu, Indonesia harus berjuang keras melawan Vietnam. Buzzer Beater Anthony Beane Jr. membawa Indonesia unggul di paruh kedua. Namun, Vietnam tidak mengendurkan perlawanan. Kuarter ketiga berlangsung sengit dan diakhiri dengan skor imbang 59-59.

 

Indonesia mendominasi kuarter keempat dengan mencetak margin terjauh 13 poin (81-69). Meski begitu Vietnam tidak membiarkan Andakara Prastawa dkk memimpin dengan nyaman. Pada 32 detik terakhir Vietnam memangkas jarak menjadi 5 poin. Tembakan bebas Prastawa dan lay up Minh Ton Nguyen menutup gim dengan kemenangan Indonesia.

 

Prastawa mencetak skor terbanyak dalam gim ini dengan 27 poin, 6 rebound, 2 asis, dan 3 steal. Beane memberikan 23 poin, 6 rebound, dan 4 asis. Kemudian Lester Prosper menambah 13 poin dan 7 rebound dalam 24 menit bermain.

 

Indonesia menyisakan satu laga terakhir babak penyisihan grup dengan melawan Thailand. Hasil pertandingan itu akan menentukan juara grup. Pertandingan ini diperkirakan tidak akan mudah untuk Indonesia.

 

Hal ini dilihat dari hasil kedua tim melawan Vietnam. Indonesia harus berjuang keras mengalahkan Thanh Tam Dinh dkk. Sedangkan Thailand justru menang telak 104-62 atas Vietnam.

 

Untuk runner up grup B nanti akan melawan juara grup A yang saat ini diduduki oleh Kamboja. Tim tuan rumah bahkan membuat sejarah dengan mengalahkan Filipina 79-68 pada Kamis (11/5). Jika menjadi juara grup pun, Indonesia akan kembali bertemu dengan rivalnya Filipina. Jalan manapun tidak akan mudah untuk mempertahankan gelar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: