Joki Game, Profesi yang Muncul saat Tren Industri Game Naik

Joki Game, Profesi yang Muncul saat Tren Industri Game Naik

Illustrasi jasa joki game online Mobile Legend- - Moch Sahirol Layeli --Harian Disway

HARIAN DISWAY - Dalam beberapa tahun terakhir ini industri game di Indonesia naik pesat. Mulai dari jumlah pemain, turnamen, dan developer game semua naik kelas. game tidak lagi menjadi sesuatu yang mengganggu. Malah kini game sudah memiliki pasar dan industri sendiri.

Pemain game di Indonesia menyentuh angka lima puluh dua juta saat Januari 2022. Sungguh angka yang besar dan mungkin saja angka ini sudah naik lagi saat ini. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pemain game di dunia.


Poster MLBB MEN Timnas Esports Indonesia Sea Games Kamboja-Akun Instagram @pbesi_official-

Belum lagi banyaknya kompetisi game secara daring yang semakin mewarnai khazanah per-gaming-an di Indonesia. Kita mungkin pernah mendengar selentingan nama-nama game yang populer di kalangan masyarakat.

Contoh Mobile Legend (ML) yang merupakan salah satu game daring bergenre MOBA. Masuk di Indonesia pada 2016, pada awalnya banyak guyonan yang mengatakan bahwa game ini punya grafik yang jelek. Enam belas bit ejekannya.

Atau game yang lekat dengan bocil (bocah kecil) yaitu Free Fire (FF). Jujur saja game ini jelek. Tapi jelas pola permainannya yang mudah dipelajari namun sulit untuk didalami sangat cocok untuk tumbuh kembang motorik anak. Ya walaupun kontennya adalah saling tembak dan membunuh yang sama sekali tidak ramah anak.

Dua game ini adalah yang paling diminati sehingga banyak sekali konten dalam game. Hal itu membuat banyak orang yang betah untuk menetap pada game-game ini. Oh ya omong-omong dua game ini pemainnya cukup banyak di Asia Tenggara.

Oleh karena itu, pada Sea Games 2023 yang diadakan di Phnom Penh ada cabang esport FF dan ML. Kontingen Indonesia dipastikan akan bertanding dalam dua cabor ini. Nama-nama besar seperti Albert Nielsen Iskandar, Agung Suparman, dan “El Professor” Ihsan Besari.

Sebegitu kompetitifnya komunitas game di Indonesia sehingga pamer tingkatan rank di game selalu menjadi obrolan bagi para pemain. Alasan itulah yang membuat orang sering menyewa joki akun game. Selain untuk meningkatkan rank menyewa joki biasanya juga untuk memperbagus win rate.

Bila kita mencari di internet kisaran harga joki mulai Rp 2 ribuan. Dengan tarif tersebut ada beberapa kriteria misal dalam tingkatan A harga per bintangnya Tp 2 ribu. Harga semakin meningkat seiring tingkatan yang semakin tinggi.


Salah satu jasa joki game yang beredar di internet.--Dave

“Kalau aku sendiri seh sekitar 5 ribuan per bintang untuk ML”, ucap Wildan Firmansyah Abdilah. Banyak pemain menjoki karena gengsi, komunitas mereka sering kali mengejek dan mencemooh mereka yang rankingnya rendah, tambahnya.

“Memang sangat menguntungkan cuman kadang klien minta win ratenya 100 persen”, ujarnya. Permintaan ini biasanya didorong karena para pemain sering mendatangi isi profil yang ada. Dalam profil tersebut berisi riwayat permainan sebelumnya.

Belum lagi ada beberapa developer game yang membatasi perjokian karena cukup meresahkan. Contoh saja Moonton pengembang dari game Mobile Legend yang membatasi jumlah perangkat dalam satu akun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: