PKB Incar 100 Kursi DPR dan 2000 Kursi DPRD

PKB Incar 100 Kursi DPR dan 2000 Kursi DPRD

KETUA UMUM DPP PKB Muhaimin Iskandar (depan) naik vespa menuju kantor KPU untuk mendaftarkan bacaleg PKB-FOTO: DPP PKB-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - PKB dan Gerindra kompak mendaftarkan bakal calon anggota legislatifnya ke KPU pada hari yang sama, Sabtu, 13 Mei 2023. Tapi tidak sekompak seperti saat dua partai itu mendaftar sebagai peserta Pemilu pada 9 Agustus 2022. Kala itu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bahkan pawai bersama.

Kemarin, Gerindra mendapat jadwal lebih dulu, yakni pukul 13.45. Sedangkan PKB 15 menit kemudian. Selain PKB dan Gerindra, PBB juga mendaftarkan bacalegnya ke KPU. 

Muhaimin dan rombongan datang ke KPU mengendarai vespa hijau. Vespa merupakan kendaraan nostalgia Muhaimin saat kuliah. Begitu sampai di kantor KPU, Muhaimin mengganti helmnya dengan blangkon. 

”Insya Allah Pemilu 2024 dukungan rakyat bisa mengisi DPR RI 100 kursi dan 2.000 anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota," ujar Muhaimin. Itu artinya, PKB memasang target hampir dua kali lipat daripada jumlah kursi yang didapat pada Pemilu 2019 yakni 58 kursi. 

Sebelumnya, pendaftaran bacaleg Gerindra sempat diwarnai adu mulut antara petugas pengamanan KPU dengan Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman. Penyebabnya karena anggota komisi II DPR itu tidak diperkenankan masuk. Petugas tidak melihat bahwa Habiburokhman sudah membawa ID card dari KPU. 


KETUA DPW PKB Jatim Halim Iskandar diapit Bendahara DPW PKB Jatim Fauzan Fuadi (kiri) dan Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslahach.-FOTO: DPW PKB Jatim-

KPU Jatim

Kemeriahan pendaftaran bacaleg juag terlihat di KPU Jatim Hingga 13 Mei 2023, sudah sembilan parpol yang mendaftaran bacalegnya. Pada Sabtu kemarin seharusnya ada enam parpol yang mendaftar. Namun, dua parpol tidak hadir, yakni PPP dan PSI. 

"Sebenarnya PSI datang. Hanya saja, mereka datang setelah waktu yang ditetapkan berakhir. Yakni pukul 16.00. Jadi, mereka akan kembali melakukan pendaftaran di hari terakhir," kata Ketua KPU Jatim Choirul Anam, Sabtu, 13 Mei 2023.

Di hari terakhir nanti, pendaftaran akan ditutup hingga pukul 23.59. Empat partai yang mendaftar di hari ke-13 adalah Partai Ummat, Hanura, PBB, PKB, dan Gerindra. 

Ketua DPW PKB Jatim A. Halim Iskandar mengatakan, PKB siap merebut 33 persen kursi DPRD Jatim. "Target kami rasional, 40 kursi untuk DPRD Jatim. Dan kami siap kembali memenangkan pemilihan legislatif di Jawa Timur. Karena 2019 kami menang suara, tapi kursi perolehan nomor dua," kata Halim didampingi Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah dan Bendahara DPW PKB Fauzan Fuadi. (Michael Fredy Yacob-Eko Setiawan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: