8 Alumnus DBL Antar Basket Putri Raih Emas

8 Alumnus DBL Antar Basket Putri Raih Emas

Pemain timnas basket putri menyapa suporter setelah memastikan meraih medali Emas di Morodok Techo Indoor Sport Elephant, Phonm Penh, 14 Mei 2023.-FOTO: CdM Indonesia-

HARIAN DISWAY - Sejarah diciptakan tim basket putri Indonesia. Untuk pertama kalinya, basket putri mendapatkan medali emas SEA Games. Pada laga final SEA Games 2023 di Morodok Techo Indoor Sport Elephant Hall 2, Phnom Penh, Kamboja, Adelaide Callista Wongsohardjo dkk mengalahkan Singapura dengan skor telah 86-39.

Salah satu yang berjasa tentu saja pelatih basket putri Indonesia Lin Chi Wen. "Hasil ini bukan karena saya, tapi pemain dan seluruh tim ofisial yang telah bekerja keras untuk mencapai prestasi ini, NOC Indonesia dan CdM (Tim Indonesia) kami bisa mencetak sejarah buat basket Indonesia," kata pelatih asal Taiwan ini merendah.


Pelatih basket putri Indonesia Lin Chi Wen memberi selamat kepada Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma.-FOTO: CdM Indonesia-

Prestasi ini menunjukkan pentingnya pembinaan basket sejak dini melalui kompetisi yang sehat dan berkualitas. Lihat saja, delapan dari 12 pemain timnas putri merupakan alumnus Developmental Basketball League (DBL). Kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia yang dimotori oleh Azrul Ananda. Enam dari delapan alumnus DBL itu pernah terpilih menjadi skuad DBL All-Star. 

Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih kehabisan kata-kata untuk mengungkapkan rasa bangganya terhadap pemain timnas basket putri Indonesia.  "Saya speechless, bangga. 64 tahun kita menunggu emas untuk basket putri dari sejak SEA Games pertama kali tahun 1959 di Thailand, sampai sekarang, ya saya cuma bisa amaze," ungkap Danny Kosasih. 

Kontingen Indonesia juga telah berhasil menggeser Kamboja pada klasemen medali. Indonesia kini berada di peringkat ketiga di bawah Vietnam dan Thailand. Perolehan medali Indonesia adalah 67 emas, 61 perak, dan 80 perunggu. Sedangkan Kamboja memiliki 65 emas, 61 perak, dan 102 perunggu. (Ragil Putri Irmalia)

Alumnus DBL di Timnas Putri SEA Games 2023

1. Yuni Anggraeni - SMA Tritunggal Semarang (DBL Indonesia All-Star 2010)

2. Nathania Claresta Orville - SMK Unggul Sakti Jambi (Best Player DBL 3x3 National Camp 2017)

3. Kadek Pratita Cita Dewi - SMAN 1 Denpasar (DBL Indonesia All-Star 2011 & 2012)

4. Henny Sutjiono - SMA Frateran Surabaya (DBL Indonesia All-Star 2010)

5. Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma - SMAN 1 Gianyar (DBL Indonesia All-Star 2014 & 2015)

6. Adelaide Callista Wongsohardjo - SMA St. Albertus Malang (DBL Indonesia All-Star 2017)

7. Agustin Elya Gradita Retong - SMAN 1 Sekayu (DBL Indonesia All-Star 2011)

8. Dyah Lestari - SMA Tritunggal Semarang (Champion DBL 3x3 National Competition 2014)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: