Timnas U-22 Bawa Semangat 1991 dan Keajaiban Phnom Penh

Timnas U-22 Bawa Semangat 1991 dan Keajaiban Phnom Penh

Timnas U-22 siap tempur untuk menghadapi Thailand dalam final SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh-PSSI-

HARIAN DISWAYSEA Games 1991 menjadi kali terakhir Indonesia meraih emas. Kala itu Indonesia melawan Thailand di babak final. Indonesia sukses memenangkan gelar setelah menang 0-0 (4-3) melalui adu penalti. Momen itu sekaligus kemenangan terakhir Indonesia atas Thailand di fase gugur SEA Games.

Momen tersebut kembali terulang pada SEA Games 2023. Indonesia bentrok lagi dengan Thailand di babak final pada Selasa, 15 Mei, di Olympic Stadium, Phnom Penh, pukul 19.30 WIB. Itu menjadi pertemuan ke-23 mereka di ajang SEA Games.

Dari sejarah pertemuan kedua tim itu, Garuda Nusantara lebih banyak menelan pil pahit. Mereka baru lima kali menang dan dua kali imbang. Sisanya, Indonesia harus mengakui keunggulan tim berjuluk Gajah Perang itu.

Bahkan, dari 16 kekalahan tersebut, setengahnya terjadi di fase gugur. Artinya, Thailand delapan kali menggagalkan impian Indonesia untuk menjadi juara SEA Games. Momen terakhir dirasakan pada SEA Games 2021. Indonesia gagal melaju ke final setelah kalah 0-1 dari Thailand. Indonesia harus puas meraih perunggu seusai menekuk Malaysia.

Itu tidak berarti Indonesia tak memiliki peluang. Pada SEA Games 2023 ini Indonesia diasuh pelatih Indra Sjafri. Pelatih asal Sumatera Barat tersebut memiliki keberuntungan tersendiri saat melawan Thailand. Indra pernah menjegal Thailand lolos ke fase grup SEA Games 2019.

Kemudian, final kali ini diadakan di Phnom Penh. Tempat Indra mengantar Indonesia menjuarai Piala AFF U-22 2019. Skemanya juga sama. Pada semifinal Indonesia membekuk Vietnam 1-0. Lalu, pada babak final mengalahkan Thailand 2-1.

Sayangnya, pada pertandingan final nanti, Indonesia tidak tampil dengan kekuatan penuh. Pratama Arhan harus meninggalkan lini belakang. Pemain Tokyo Verdy itu absen karena mendapat kartu merah saat melawan Vietnam, 13 Mei.

Perjalanan Indonesia di SEA Games 2023 cukup mulus. Rizky Ridho dkk menjadi juara grup A dengan menyapu bersih empat kemenangan. Kemudian, mengalahkan Vietnam 3-2 di semifinal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: