Timnas Basket Putra Pulang Tanpa Medali SEA Games 2023

Timnas Basket Putra Pulang Tanpa Medali SEA Games 2023

Kaleb Ramot Gemilang (kiri) mencetak 13 poin dan 5 rebound saat Indonesia vs Thailand pada Selasa (16/5) -Ariya Kurniawan-

Timnas basket putra Indonesia gagal memenuhi target. Mereka pulang dengan tangan hampa. Tidak ada medali yang berhasil diraih dalam SEA Games 2023. Baik itu dari nomor 3x3 maupun 5x5. Padahal pada SEA Games 2021 lalu, timnas basket putra Indonesia menjadi juara.

 

Andakara Prastawa Dhyaksa dkk menempati posisi urutan keempat. Mereka kalah dari Thailand 69-83 dalam perebutan medali perunggu pada Selasa (16/5). Hasil tersebut juga membalas kekalahan Thailand 69-87 pada fase grup 14 Mei lalu.

 

Dalam pertandingan di Elephant Hall 2, Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh itu, Thailand sangat mendominasi. Mereka melakukan start mulus dengan melaju 12-0 di lima menit pertama. Brandon Jawato mencetak tripoin dan menjadi angka pertama bagi Indonesia.

 

Thailand terus membangun keunggulan. Puncaknya pada kuarter ketiga dengan skor terjauh 25 poin (57-32). Indonesia membuat 14 turnover yang dikonversikan menjadi 23 poin oleh Thailand. Nattakarn Muangboon dkk menggempur pertahanan Indonesia dengan 30/69 tembakan. Sebanyak 40 poin tersebut berasal dari paint area.

 

“Sebenarnya Thailand bermain dengan strategi yang sama. Hanya saja kami tidak fokus pada game plan yang sudah dibuat, sehingga tidak bisa mengalahkan mereka. Secara mental mungkin juga terbawa dari game sebelumnya,” ujar Prastawa usai pertandingan.

 

Marthin Breunig menjadi top skor dengan 21 poin, 8 rebound, dan 3 steal dalam 23 menit bermain. Jakongmee Morgan mencetak 15 poin dari 5/8 tembakan. Disusul Moses Morgan 11 poin, 8 rebound, 3 asis. Serta Chanatip Jakrawan 10 poin.

 

Sedangkan ada tiga pemain Indonesia yang mencetak dua digit poin dan semua berasal dari bangku cadangan. Dame Diagne memimpin dengan 14 poin. Kaleb Ramot Gemilang memberikan 13 poin dan 5 rebound. Ditambah Widyanta Putra Teja 10 poin.

 

Sementara itu medali emas kembali lagi ke tangan Filipina. Pada laga final mereka mengalahkan Kamboja 80-69. Ini menjadi emas ke-19 bagi Filipina sepanjang sejarah SEA Games.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: