Shenina Cinnamon Bangga Berdarah Minang

Shenina Cinnamon Bangga Berdarah Minang

-Instagram @ondemandefilm-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Film bertema budaya berjudul Onde Mande yang tayang pada 22 Juni 2023 membuat bangga Shenina Cinnamon. Pemeran utama yang main bersama Emir Mahira.

 

Bagi Shenina, Onde Mande adalah tantangan yang menarik. Apalagi ia berdarah dan keturunan Minang. Walau tidak begitu menguasai bahasanya, setidaknya dia ada basic sedikit. Sehingga Shenina paham ketika ada yang mengajaknya berbicara menggunakan bahasa Minang. Cuma kesulitan menjawabnya saja.

 

Selama syuting, hampir sembilan puluh persen Shenina harus memakai bahasa Minang. sebuah tantangan yang asyik untuknya. "Karena sebelumnya aku enggak pernah syuting pakai bahasa lain selain bahasa Indonesia," ungkap Shenina Cinnamon dalam konferensi pers film Onde Mande, pada 15 Mei 2023.

 

Berperan sebagai karakter Si Mar, Shenina sangat menikmatinya. Ia merasa bersyukur karena banyak tim produksi yang juga orang Minang. Sehingga dia bisa sekalian belajar bahasanya. "Lega banget. Aku ngerasa beruntung karena hampir setengah dari tim kami adalah orang Minang asli, jadi mereka bisa mengingatkan dan membantu aku kalau ada yang kurang," ungkapnya.

 

Sutradara Paul Fauzan Agusta memang melibatkan banyak pemain asli Minang. Tujuannya tidak lain agar mendukung kekentalan adat dan budaya Minangkabau. "Yang bikin beda dari film ini sih sepertinya sekitar tujuh puluh persen menggunakan bahasa Minang. Sisanya bahasa Indonesia," kata Paul.

 

Masih ada keseruan lainnya. Selain belajar bahasa Minang, ada scene Shenina menyetir sampan. "Itu pengalaman paling seru. Aku nyetir dan boncengin dia (Emir Mahira, Red). Itu susah sih," tutur Shenina.

 

Onde Mande menggambarkan kehidupan masyarakat Minang. Tepatnya di Desa Danau Maninjau. Digambarkan bagaimana kecintaan para pemain terhadap tempat tinggalnya dan bagaimana mereka menjunjung tinggi adat Minang.

 

Oh ya artinya onde mande? Dijelaskan Shenina, ketika kita terkejut, biasanya otomatis mengucapkan kalimat "ya ampun" dan sejenisnya. Nah, itulah onde mande yang khas diucapkan masyarakat Sumatera Barat untuk menunjukkan ekspresi kagetnya.

 

Diharapkan film Onde Mande tentunya akan membuat warga Minang bangga. Karena kekentalan budaya Minang digambarkan terasa dengan hangat. Jangan lupa nonton ya. (Maulidah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: