Kunjungan Mendadak Presiden Jokowi ke SMK PPN 1 Kualuh Selatan

Kunjungan Mendadak Presiden Jokowi ke SMK PPN 1 Kualuh Selatan

Presiden Joko Widodo meninjau langsung SMK Pertanian Pembangunan Negeri (PPN) 1 Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatra Utara, Rabu, 17 Mei 2023.-BPMI Setpres/Laily Rachev-

LABUHAN BATU, HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya sekolah menengah kejuruan (SMK) sebagai kunci kemajuan negara. Pernyataan ini disampaikan di SMK Pertanian Pembangunan Negeri (PPN) 1 Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara, pada Rabu, 17 Mei 2023.

Presiden menekankan pentingnya praktikum siswa SMK. Menurutnya, praktikum merupakan bagian penting dalam kurikulum SMK, sekitar 60-70 persen dari waktu pembelajaran seharusnya digunakan untuk praktik. Tentu kesuksesannya tergantung sarpras di sekolah.

Ketika mengunjungi SMK PPN 1, Presiden melihat pembibitan kelapa sawit. Bibit tanaman dinilai sudah cukup baik, tetapi perlu peningkatan dalam tempat pembibitan agar siswa dapat melihat secara langsung proses bertani yang baik.

“Anak-anak ini kan harus ditunjukkan bagaimana bertani yang baik, bagaimana berkebun yang baik, sehingga memang ini akan kita bantu untuk memperbaiki,” ungkapnya.

Presiden juga akan membantu memperbaiki tempat praktik peternakan di SMK tersebut, terutama kandang. Ia juga berencana mengirimkan sejumlah ternak ke SMK PPN 1 sebagai sarana pembelajaran bagi siswa.

“Ini nanti akan saya kirim kambing, domba, kemudian ayam, bebek, semuanya, biar banyak contoh-contoh yang bisa diajarkan oleh bapak, ibu guru kepada murid-muridnya di sini,” jelasnya.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa kunjungannya ke SMK ini dilakukan secara mendadak dengan tujuan melihat langsung kegiatan belajar mengajar dan praktik di SMK. Ia ingin melihat keadaan yang sebenarnya.

Selain Presiden, turut mendampingi dalam kunjungan tersebut adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, dan Bupati Labuhanbatu Utara Hendri Yanto Sitorus. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: