Christopher Nolan Enggan Pakai CGI, Begini Caranya Membuat Ledakan Nuklir yang 'Aman' dalam Oppenheimer

Christopher Nolan Enggan Pakai CGI, Begini Caranya Membuat Ledakan Nuklir yang 'Aman' dalam Oppenheimer

Poster film Oppenheimer yang akan tayang pada 21 Juli 2023--IMDB

HARIAN DISWAY - Oppenheimer jadi salah satu film dari Christopher Nolan yang paling dinanti di bioskop tahun ini. Tidak sedikit penggemar yang penasaran jika Christopher Nolan ogah pakai CGI (computer-generated imagery), lalu bagaimana ia menciptakan ledakan nuklir dalam filmnya?

 

Oppenheimer adalah film biopik fisikawan bernama J. Robert Oppenheimer yang merupakan salah satu tokoh kunci atas pembuatan awal sebuah bom atom. Oleh karena itu, proyek ini melibatkan pengambilan adegan ledakan bom.

 

Produksinya cukup menantang, mengingat Christopher Nolan adalah sutradara yang dikenal akan kecintaannya terhadap efek praktis dan meminimalisir penggunaan CGI.

 


Di balik layar Interstellar (2014) saat Christopher Nolan menggunakan efek praktis untuk menggambarkan dunia dimensi keempat--IMDB

 

Scott R. Fisher, supervisor special effects dari Oppenheimer, akhirnya membuka suara bahwa memang benar ledakan dalam film itu adalah hasil dari efek praktis dan bukan produk editing komputer. Fisher dalam majalah Total Film edisi Mei 2023, mengatakan bahwa ia dan Nolan menerapkan teknik jadul yaitu miniatur.

 

Perlu dipahami bahwa ledakan bom atom/nuklir berbeda dengan ledakan bom lainnya. Ciri utama dari bom atom adalah asap hasil ledakannya yang mengarah ke atas dan membentuk lengkungan layaknya sebuah jamur. Efek itu berhasil didapatkan ketika Nolan dan Fisher menciptakan Big-ature (atau versi lebih besar dari miniatur).

 

Big-ature dibuat sebesar-besarnya sehingga dapat memberikan efek suasana ledakan dengan nyata. Namun, tetap dalam batas aman dan memungkinkan untuk sebuah kamera mengambil gambar dalam jarak yang dekat. Proses syuting itu juga melibatkan berbagai eksperimen bahan-bahan kimia yang dipilih untuk menirukan dahsyatnya ledakan bom atom.

 


Christopher Nolan (kanan bawah) saat menggunakan efek praktis menenggelamkan bagian pesawat dalam Dunkirk (2017)--IMDB

 

“Sebagian besar bensin, propana, hal-hal semacam itu,” terangnya. Tim special effects juga menggunakan tambahan seperti bubuk aluminium dan magnesium untuk menambah tingkat kecerahan hasil ledakan. Memang selain bentuk asapnya, ledakan bom nuklir atau bom atom juga dikenal sangat terang seperti sebuah matahari.

 

Oppenheimer menggandeng Cillian Murphy sebagai pemeran utama J. Robert Oppenheimer. Selain itu, akan ada juga eks pemeran Iron Man–Robert Downey Jr, bintang dari Don’t Worry Darling–Florence Pugh, Rami Malek, dan masih banyak lagi. Oppenheimer akan tayang di bioskop mulai 21 Juli 2023. (Dara Nabila Salsabyla)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: slash film