Ini nih 5 Camilan Sehat yang Pas Disantap pada Malam Hari dan Tak Bikin Anda Gemuk

Ini nih 5 Camilan Sehat yang Pas Disantap pada Malam Hari dan Tak Bikin Anda Gemuk

Ilustrasi seorang perempuan saat ingin makan di malam hari-Gettyimages-

HARIAN DISWAY - Seringkali nyamil dikonotasikan sebagai kebiasaan yang buruk yang bisa menyebabkan badan gemuk. Khususnya bila makan camilan itu dilakukan di malam hari.

 

Sebenarnya pernyataan hal ini juga tak sepenuhnya salah karena memang banyak camilan yang mengandung banyak gula dan tinggi lemak.

 

Tapi jangan khawatir. Untuk Anda yang tak bisa melewatkan nyamil di malam hari, Anda bisa mengganti camilan dari bahan-bahan yang lebih rendah lemak dan menyehatkan.

 

Mau tahu apa saja bahan-bahan tersebut? Yuk simak.

 

BACA JUGA: Jadi Dessert Nomor Satu, Inilah Berbagai Olahan Pisang untuk Camilan

 

1. Hummus

Hummus merupakan bumbu atau saus yag terbuat dari kacnag arab atau chickpeas. tahini (saus yang terbuat dari biji wijen), dan minyak zaitun.

Anda bisa mencampurkan saus hummus tersebut dengan perasan jus lemon, bawang putih, lada hitam, dan paprika merah panggang.

Hummus cocok sekali sebagai celupan untuk sayuran seperti brokoli, wortel, seledri, mentimun, atau zucchini.

Terdapat kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat, serta seart dari sayuran yang sedikit kalori. Hummus juga cocok dengan camilan rendah kalori sperti pretzel dan roti gandum.

 

2. Kiwi

Buah kiwi bisa Anda jadikan buah optional untuk camilan malam. Kiwi memiliki rasa asam manis dan rendah kalori. Buah kiwi juga kaya vitamin C yang sangat bagus untuk pencernaan.

Dengan mengonsumsi dua buah kiwi, hanya memberikan Anda 84 kalori. Tetapi Anda juga tetap mendapatkan asupan serat sebanyak 4 gram.

Tak hanya itu, buah kiwi juga mengandung serotonin yang bisa bikin Anda menjadi relaks sehingga membantu untuk tertidur lebih cepat. Itulah kenapa buah kiwi cocok sebagai camilan sehat di malam hari.

Kandungan serotonin juga bisa membantu mengurangi keinginana untuk mengonsumsi karbohidrat. Sehingga buah ini bisa menjadikan pilihan apabila Anda sedang menjalankan program diet.

 

3. Dark Chocolate

Ternyata cokelat juga bisa menjadi camilan sehat lo. Tapi pastikan dahulu yang akan dikonsumsi mengandung setidaknya 72 persen kakao.

Alasannya karena presentase ini memiliki banyak antioksidan dan serat yang dapat membuat kenyang tanpa memberikan gula dengan dosis yang tinggi seperti cokelat susu pada umumnya.

Perhatikan jumlah dan pastikan hanya mengonsumsi dark chocolate sebanyak dua ons atau kurang.

 

4. Greek Yoghurt

Tekstur dari greek yoghurt yang creamy ini dapat dijadikan opsi sebagai pengganti es krim yang lebih sehat dan rendah gula.

Anda juga bisa mengonsumi greek yoghurt dengan irisan buah seperti beri atau persik. Greek yoghurt yang akan protein ini bisa membantu mengurangi rasa lapar di pagi hari.

 

5. Popcorn

Sebenarnya popcorn camilan rendah kalori. Namun, popcorn terdapat tambahan gula, garam, dan minyak atau mentega. Nah ini nih yang bisa menambah kalori dalam camilan tersebut.

Sebetulnya popcorn hanya memiliki 30 kalori per cangkirnya. Tak hanya itu, popcorn juga menyediakan sedikit serat, antioksidan, dan polifenol.

Untuk mengolah popcorn agar menjadi sehat, Anda bisa menambahkan minyak alpukat dan taburan nutritional yeast yaitu ragi yang rasanya mirip keju.

 

Itulah 5 camilan sehat yang cocok saat malam hari yang tidak bikin Anda gemuk. Tertarik mencoba salah satu dari 5 camilan tersebut? (Ridav Refza Rafza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc