Rumdin Kuno Milik P3GI Pasuruan Ditinggalkan Penyewanya

Rumdin Kuno Milik P3GI Pasuruan Ditinggalkan Penyewanya

Sejumlah rumah dinas kuno P3GI Kota Pasuruan tidak lagi berpenghuni -Lailiyah Rahmawati -

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Sejumlah rumah dinas (rumdin) bangunan Belanda milik Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) di Jalan Pahlawan, Kota PASURUAN, tidak lagi berpenghuni. Kini barisan rumah gaya Belanda itu hanya menjadi tempat parkir kendaraan.

Diperkirakan sudah sekitar empat bulan para penyewa rumdin-rumdin itu pergi. Dulu pihak P3GI setempat menyewakan rumah-rumah tersebut supaya terawat. Sayang, sejak Pemkot PASURUAN merenovasi halaman rumdin-rumdin tersebut menjadi lahan parkir, para penyewanya malah pergi.

"Tidak ada yang menghuni semuanya (rumdin). Biasanya ada aktivitas dan keramaian di rumah-rumah itu sejak puluhan tahun," ujar Bima, warga setempat.

Rumdin-rumdin bergaya bangunan klasik yang terletak di selatan Gedung Harmonie itu dikabarkan ditinggalkan penyewanya karena naiknya harga sewa pascarenovasi pada bagian halaman rumah. Ditambah, kondisi halaman yang lebih sering dijadikan lahan parkir. Namun, belum ada jawaban dari pihak terkait. Hanya, rumdin-rumdin itu akhirnya mangkrak. 

Menjawab hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota PASURUAN Basuki mengungkapkan bahwa pihaknya berencana menjadikan rumdin-rumdin kuno itu sebagai homestay bagi peserta MTQ Ke-30 Jawa Timur.

"Rencana kami sewakan sebagai homestay saat MTQ nanti," jawab Basuki. (*) 

Sumber: