Damar Kurung: Dahulu Pembuka Bulan Ramadan, Kini Jadi Media Seni

Damar Kurung: Dahulu Pembuka Bulan Ramadan, Kini Jadi Media Seni

Arumi Bachsin yang sangat terpukau dengan karya art visual yang bertema The Damar Kurung Garden pada acara Picturesque Art Exhibition di UYCC Art Gallery Surabaya, Kamis, 1 Juni 2023.-Syahrul Rozak-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Salah satu karya seni paling menarik yang dipamerkan di Picturesque adalah damar kurung. Karya instalasi ini begitu syahdu dan mewah di saat bersamaan. Sebuah ruang tak terbatas dengan seratus lampion yang menyala.

 

Damar kurung sebenarnya lampion. Begitulah cara masyarakat Gresik menyebut lampu ini. Namun, ada ciri khas yang dimiliki damar kurung. Setiap sisinya merupakan gambaran kehidupan sehari-hari. Uniknya lagi gambar tersebut bercerita dari kanan ke kiri.

 

Umumnya damar kurung dibuat ketika pembuka bulan Ramadan. Namun, Novan Effendy melihat hal lain. Damar kurung sebagai instrumen seni. “Damar kurung itu bisa menjadi instrumen bahasa yang menyampaikan segala perasaan atau pengalaman,” ucapnya.

 

BACA JUGA: Pameran Foto di Wisma Jerman Sajikan Tema Modern-Tradisional

 

Novan mengajak siswa-siswi SMKN 12 Surabaya untuk berkolaborasi membuat karya seni ini. “Kenapa aku melibatkan meraka karena kurasa damar kurung ini kan menjadi warisan budaya benda nasional. Jadi saya ingin memperkenalkannya kepada anak-anak Surabaya,” katanya

 

Damar kurung sudah dikenal di beberapa negara. Karena itu, ini juga merupakan usaha Novan untuk mengenalkan damar kurung di mata dunia. “Setiap tahun aku bikin untuk festival mulai 2012 sampai 2017. Damar kurung ini informasinya sangat melimpah di internet. Sehingga beberapa negara mengadopsinya sebagai sarana belajar kesenian anak-anak,” tambahnya.

 

Sayang sekali masyarakat Jawa Timur malah kurang familiar dengan damar kurung. “Sebagai tuan rumah kok malah enggak tahu," ucap Novan. Oleh karena itu, ini merupakan upaya Novan untuk lebih mengenalkan damar kurung ke anak-anak Surabaya.

 

Untuk yang penasaran seperti apa seni instalasi damar kurung karya Novan Effendy bisa datang ke Picturesque. Di Jalan Embong Tanjung No 46-48 lantai 2 Surabaya. Dengan harga tiket 60 ribu per orang, Picturesque bisa dinikmati hingga dua setengah bulan. (Dave Yehosua TB)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: