Soal Cawapres, Semua Saling Tunggu dan Saling Intip

Soal Cawapres, Semua Saling Tunggu dan Saling Intip

Capres PDIP Ganjar Pranowo bersama pengurus PDIP Cirebon dan sekitarnya di Stadion Bima, Cirebon untuk konsolidasi kader.-Foto: Radar Cirebon-DNN-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Begitu  sulitkah menentukan bakal calon wakil presiden? Seharusnya tidak. Terutama untuk capres yang sudah dideklarasikan seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Agak berbeda dengan Prabowo Subianto yang masih tarik ulur soal anggota koalisi pengusung. 

Anies Baswedan sebenarnya sudah punya 1 nama cawapres yang siap diumumkan. Tapi capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) itu memilih mengulur waktu hingga 16 Juli 2023. Sehingga pengumuman cawapres Anies bukan 1-2 hari seperti disebut di sejumlah media. Tapi berubah menjadi 1-2 bulan.

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan, tiga partai (Nasdem, PKS, dan Demorat) sudah sepakat pada satu nama untuk menjadi cawapres Anies. "Kemarin Mas Anies ke Pacitan untuk menyampaikan hasil Tim Delapan ke Pak SBY dan Mas AHY, hari ini ke Pak Surya Paloh, nanti ke Presiden PKS dan Habib Salim. Paling lambat deklarasinya 16 Juli di Gelora Bung Karno," kata Ketua DPP Nasdem Willy Aditya.

BACA JUGA:Kemarin Saudia Sekarang Garuda, Kemenag Pusing Penerbangan Haji Ngadat Lagi

Anies juga belum membuka nama pasangannya. Tapi banyak yang menebak bahwa pasangan Anies adalah Agus Harimurti Yudhoyono. Terkait hal itu, Anies masih tutup mulut. Sabtu, 3 Juni 2023, Anies dan keluarga asyik menonton balapan mobil listrik Formula E. Meskipun penggagas Formula E, Anies tidak menjadi tamu VVIP. Ia menonton sebagai penonton umum. 


Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies.Baswedan mengajak istri dan abak-anaknya nonton Formula E.-Foto: Tim Anies Baswedan-

Bagaimana dengan pasangan Ganjar? Ini juga terjadi tarik ulur. Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri punya 10 nama yang lagi diamati. PPP menyodorkan nama Nararuddin  Umar, imam besar Masjid Istiqlal. Di sisi lain, PAN yang mulai mendekat ke PDIP juga punya jago lain, yakni Erick Thohir. 

Hari ini, Senin, 14 Juni 2023, PDIP akan melakukan kunjungan balaaan ke kantor DPP PDIP. Menurut Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, kepastian soal arah  koalisi PAN ditentukan hari ini. 

Ganjar kemarin melakukan melakukan konsolidasi dan silaturahmi dengan kader, jajaran pengurus PDIP di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, Sumedang, dan Subang. 

Agenda tersebut dilaksanakan di Stadion Bima Kota Cirebon, dihadiri ribuan kader dan pengurus PDI Perjuangan, Sabtu, 3, Juni 2023. "Jawa Barat selalu menarik. Selalu memberikan tantangan yang luar biasa kepada kita," kata Ganjar. (*)

 

Sumber: