Rekomendasi 5 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Terbaik!

Rekomendasi 5 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Terbaik!

Ilustrasi belajar-google-tutordoctor

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Hola! Hello! Bongiorno! Ni Hao! Begitu banyak cara mengucapkan sapaan dari berbagai bahasa. Anda ingin mempelajari bahasa asing secara gratis? Tenang saja! Kini sudah banyak aplikasi belajar bahasa asing yang tersebar di perangkat smartphone IOS dan Android.

 

Inilah lima rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing terbaik:

 


Duolingo dan beberapa fiturnya-Playstore-Duolingo

 

Duolingo

Aplikasi Duolingo sangat direkomendasikan untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa Arab mulai dari nol. Tidak hanya itu, jika pengguna sudah mahir berbahasa Inggris, maka akses 32 bahasa lainnya seperti Spanyol, Perancis, dan Rusia akan terbuka.

 

Beberapa fitur seperti berteman dengan pengguna lain, league board (papan peringkat), modul terpadu, dan laporan progres mingguan hingga bulanan dapat meningkatkan motivasi pengguna untuk konsisten belajar.

 

Sistem belajar berkesan fun dan tidak membosankan. Setiap kategori materi dikemas melalui pertanyaan pendek. Bentuk soal juga beragam mulai dari flash card, pilihan ganda, esai uraian pendek, hingga praktik ketepatan pengucapan kata (pronunciation). Adanya sistem 5 hati sebagai batas maksimal kesalahan yang dapat dilakukan, mendorong ketepatan pengguna saat mengingat kosa kata baru.

 


Mondly dan fitur peta progres dan chat bot (ketiga dari kiri)-Playstore-Mondly

 

Mondly Languages

Selanjutnya ada Mondly, aplikasi itu tak jauh berbeda dari Duolingo. Perbedaannya ada pada aksesibilitas bahasa yang lebih luas. Pengguna dapat mempelajari 40 bahasa asing langsung dari bahasa Indonesia. Terdapat fitur tambah teman, leader board (papan peringkat), dan peta progres pembelajaran.

 

Sistem belajar cukup beragam, flash card, soal pilihan ganda pendek, uraian pendek, dan percakapan suara. Berbeda dengan sistem 5 hati Duolingo, Mondly menyediakan 3 bintang sebagai batas maksimal kesalahan dalam setiap paket soal. Ada fitur spesial ChatBOT yaitu AI yang didesain untuk melakukan percakapan tematik dengan pengguna.

 


Aplikasi MEMRISE dan fitur video penutur asli-Playstore-MEMRISE

 

MEMRISE

Ingin langsung mendengar bagaimana pengucapan dari penutur asli bahasa yang Anda pelajari? Aplikasi MEMRISE jawabannya. Pengguna akan banyak bertemu dengan video pendek dari penutur asli yang membacakan soal. Seperti Duolingo, hanya ada opsi belajar bahasa Inggris saja jika berangkat dari bahasa Indonesia. Opsi 20 bahasa lain seperti Spanyol, Jerman, dan Perancis hanya terbuka dari bahasa Inggris saja.

 

Aplikasi ini juga cocok untuk para introvert karena tidak ada fitur tambah teman dan papan peringkat. Pengguna akan fokus belajar pada progres masing-masing tanpa ada tekanan persaingan. Tidak ada batasan kesalahan berbentuk hati maupun bintang, jika pengguna melakukan kesalahan sistem akan langsung menjelaskan mana jawaban yang lebih tepat.

 


HelloTalk yang sering disebut medsosnya language learner-Playstore-HelloTalk

 

HelloTalk

Apakah cara belajar Anda Learning by Doing? Aplikasi HelloTalk bisa menjadi solusinya. HelloTalk sering disebut medsos-nya language learner karena sistem UI (user interface) yang serupa dengan media sosial pada umumnya. Di sana pengguna dituntut untuk saling mengajarkan dan bertukar bahasa bersama pengguna dari luar negeri langsung. Oleh karena itu, tidak ada batasan apapun saat belajar bahasa, semua pilihan bahasa dapat diakses!

 

Sistem belajarnya melalui chat pribadi bersama pengguna lain yang masing-masing dapat langsung mengoreksi jika terjadi kesalahan grammar. Jika sudah berteman dekat, pengguna dapat melakukan sesi panggilan suara atau video. Ada fitur beranda dimana Anda juga dapat membagikan foto, video, atau status kegiatan sehari-hari dalam bahasa yang sedang dipelajari. Sangat mirip media sosial, deh!

 


Tandem dan fitur nearby-nya-Playstore-Tandem

 

Tandem

Merasa aplikasi HelloTalk terlalu publik? Tandem bisa jadi aplikasi yang tepat. Tandem juga menganut sistem pertukaran bahasa langsung bersama pengguna lain dari luar negeri. Perbedaannya adalah Tandem tidak memiliki fitur beranda dan pengguna dapat menyembunyikan akunnya jika sudah menemukan partner percakapan yang pas. Dengan demikian, pengguna tidak akan kewalahan menerima banyak pesan baru dari pengguna baru lainnya.

 

Fitur-fiturnya masih sama dengan HelloTalk yaitu chat pribadi (termasuk dengan koreksi grammar dan terjemahan) dan panggilan suara atau video. Yang menarik adalah di Tandem, pengguna dapat bergabung pada grup dan belajar bersama banyak pengguna sekaligus. Ada pula fitur nearby yaitu mesin pencari partner belajar bahasa asing di sekitar Anda! Bisa bertemu pengguna lain dengan ketertarikan bahasa yang sama, lo.


Demikian rekomendasi lima aplikasi belajar bahasa asing terbaik berbasis Android dan IOS. Anda tertarik dengan aplikasi mana, nih? (Dara Nabila Salsabyla)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: