Karhutla Mulai Mengintai, Petugas Gabungan Padamkan Api di Barito Selatan

Karhutla Mulai Mengintai, Petugas Gabungan Padamkan Api di Barito Selatan

Tim TRC BPBD dibantu personil Damkar dan TNI berupaya memadamkan api di Barito Selatan, Kalimantan Tengah-Pusdalops BNPB-

HARIAN DISWAY - Petugas gabungan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah berjibaku untuk memadamkan api di 26 hektar lahan terbakar. 

Kebakaran terjadi setidaknya sejak hari Jumat 2 Juni 2023 pukul 10.30 WIB. Peristiwa ini terjadi di 2 titik yaitu di Desa Kalahien dan Desa Manggaris. 

Titik awal Kebakaran hutan lahan (karhutla) yang terpantau berada di Desa Kalahien, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta Lintas Buntok-Palangkaraya.


Tim TRC BPBD dibantu personil Damkar dan TNI berupaya memadamkan api di Barito Selatan, Kalimantan Tengah-Pusdalops BNPB-

BACA JUGA:Beroperasi 24 Jam, Ini Rute Bus Shalawat di Makkah. Bisa Dilihat Dari Warna dan Nomor

BACA JUGA:Keterlambatan Penerbangan Haji Masih Terus Terjadi, Kemenag: Bisa Timbulkan Efek Domino

Api menghanguskan 25 hektar lahan milik warga yang melakukan tebas bebas dalam skala besar. BPBD Kabupaten Barito Selatan melaporkan lahan yang terbakar merupakan lahan berjenis gambut dengan jenis vegetasi semak belukar dan ilalang.

Tim Reaksi Cepat (TRC) bersama personil Posko Siaga Darurat Bencana Karhutla Kabupaten Barito Selatan segera meluncur ke lokasi untuk melakukan pemadaman. 

Petugas menyiagakan 1 Unit Mobil Patroli BPBD, 1 Unit Tangki 8000 Liter, 9 Unit gepyok serta alat pendukung pemadaman api lainnya. 

“Setelah melakukan upaya pemadaman menggunakan gepyok dan mesin pompa apung, api berhasil dipadamkan pada pukul 17.15 WIB,” jelas Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari.

BACA JUGA:Tinggal Satu CJH Jatim yang Visanya Belum Beres

BACA JUGA:Kabar Buruk: Pemain Bintang Argentina ini Terancam Absen Melawan Timnas Indonesia 

Pria yang akrab disapa Aam ini melanjutkan, karhutla pada titik kedua terjadi di Desa Manggaris, Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan yang menghanguskan sekitar 1 hektar lahan milik warga. 

Pada titik ini pun, lahan yang terbakar merupakan lahan berjenis gambut dengan jenis vegetasi semak belukar dan ilalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: