Sulap Stones Sehebat Beckenbauer

Sulap Stones Sehebat Beckenbauer

DIAM-DIAM Manajer Manchester City Pep Guardiola melakukan perubahan fundamental. Ia mengubah ”jati diri” John Stones dari seorang bek tengah terbaik menjadi gelandang bertahan jempolan. Teman-teman di City kini menyebut Stones sebagai Beckenbauer. Stones --

MALAM ITU, jelang pukul 7, ruang ganti Manchester City ingar bingar. Untuk kali pertama, semua rombongan City bisa melihatnya dari dekat. 

Wartawan menunggu di area wawancara dekat bus tim Manchester City. Piala FA lewat, tetapi tidak dipegang tinggi oleh Pep Guardiola atau dicengkeram dengan sayang ke dada salah seorang pemain. Tidak sama sekali.

Piala itu dipegang seorang petugas sekuriti dengan pegangan satu tangan persis seperti memegang peralatan lainnya. Ia kemudian masuk dengan hati-hati ke bus. Tidak ada kehebohan atau upacara apa pun lainnya layaknya tim yang tengah meraih trofi impian.

 ”Apakah akan ada pesta malam ini?” tanya seorang jurnalis Norwegia. Tak ada jawaban. City baru akan bersukaria kalau sudah pegang trofi Liga Champions di tangan. 

Itulah getaran dari Guardiola dan para pemainnya di Wembley. Itu adalah kemenangan besar. Kemenangan tersebut dirayakan dengan sangat liar di lapangan oleh manajer dan timnya yang luar biasa, tetapi kemudian dengan cepat menempatkannya di samping gelar Liga Premier yang diamankan dua minggu sebelumnya. 

Kotak satu telah dicentang. Sekarang kotak dua. Tapi, ada satu kotak tersisa. Satu permainan lagi. Satu trofi lagi untuk diangkat sebelum City mengambil tempat mereka dalam keabadian. Trebel. Trofi itu berdiri di sana sekarang. Hampir dalam jarak yang menyentuh. Inter Milan menunggu pada Sabtu malam di Istanbul. 

Apakah Anda pernah berpikir akan melihat tim mencapai itu lagi di tahun-tahun sejak tim Manchester United Sir Alex Ferguson melakukannya pada 1999? Itu selalu mungkin sampai tim City ini datang.

Ini adalah kemenangan besar bagi City dengan caranya sendiri. Guardiola selalu membayar kompetisi piala Inggris karena rasa hormat. Itu adalah kemenangannya yang keenam. Tapi, yang ini lebih dari satu hari. Kemenangan akan membawa City maju ke Istanbul didorong oleh momentum, adrenalin, dan keyakinan. Dan, itu penting. Kekalahan dan semua yang menyertainya bisa membuat mereka tergelincir sepenuhnya.

Ferguson ada di sana pada Sabtu. Pemandangan ia dan ”negarawan” City Mike Summerbee membawa trofi ke lapangan sebelum kickoff adalah salah satu sorotan dari sore olahraga yang cukup indah. Wembley tampak gambaran mutlak di bawah sinar matahari.

Duel merah dan biru. Final all Manchester FA Cup pertama di stadion nasional. Lebah Manchester –simbol yang sangat berarti sejak pengeboman Arena pada 2017– bahkan mendapat tempat di program hari pertandingan. Juga, ada kickoff jam 3 sore. Itu adalah hal yang indah, hari untuk mengangkat jiwa.

Dan City, tentu saja, melakukan tugasnya dengan baik. Mereka menang. Saat itu Ferguson berada di kotak kerajaan, sedang melakukan apa yang mungkin ia duga akan ia lakukan selama ini. Berjabat tangan dengan para pemenang di langit biru.

Ketika Guardiola datang, ada pelukan dan satu atau dua patah kata. Ferguson masih hidup dan bernapas di Old Trafford, tetapi ia juga tahu kegeniusan sepak bola hadir di sana.

Pada Sabtu, City bukanlah yang terbaik. Selama setengah jam atau lebih setelah gol pembuka Ilkay Gundogan yang menakjubkan, mereka sebenarnya bermain buruk. Para pemain tidak memiliki ritme yang biasa. Geometri umpan mereka tidak berjalan sempurna seperti biasanya. Di depan Haaland dipasung oleh pemain terbaik United, bek tengah Prancis yang cerdas dan berani, Raphael Varane.

Di awal babak kedua, dengan United kembali ke laga karena dapat penalti, umpan City menjadi kacau balau. Guardiola terlihat berbalik ke bangkunya sendiri dengan garuk-garuk kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: