Khofifah Jamu Perwakilan Dagang PM Inggris, Bahas Kerjasama MRT Surabaya, Pendidikan, Kesehatan, dan Energi

Khofifah Jamu Perwakilan Dagang PM Inggris, Bahas Kerjasama MRT Surabaya, Pendidikan, Kesehatan, dan Energi

Khofifah saat menyambut The UK Prime Minister's Trade Envoy, di Surabaya, Selasa, 6 Juni 2023.-Humas Pemprov Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bertemu dengan Richard Graham MP dalam jamuan makan malam di Surabaya, 6 Juni 2023. Pria itu adalah Utusan Dagang PM Inggris untuk Indonesia, Malaysia, Filipina, dan komunitas ekonomi ASEAN.

 

Di pertemuan itu, mereka berdiskusi tentang kerjasama antara Britania Raya dengan Jawa Timur di bidang kesehatan, pendidikan, transportasi serta energi baru terbarukan. “Di Indonesia Timur, hampir 80 persen logistiknya di-support oleh Jawa Timur,” kata Khofifah. 

Posisi Jatim terhadap provinsi lain kian strategis didukung keberadaan jalur tol laut. Dari 32 jalur tol laut di Indonesia, 27 diantaranya dari Surabaya. Sehingga, transportasi logistik laut khususnya ke Indonesia Timur menjadi lebih efektif dan lebih murah.

"Jawa Timur juga menjadi satu-satunya provinsi yang diberikan wewenang untuk mengelola  pelabuhan dan bandara. Yaitu Bandara di Malang dan pelabuhan di Probolinggo. Jadi keputusan Mr Richard untuk datang ke sini dan bertemu kami sudah sangat  tepat,” kata mantan Menteri Sosial itu.

Sedangkan, dalam hal pendidikan dan kesehatan, Jatim juga menjadi jukukan utama untuk Indonsia Timur. Karena itulah Universitas dan RS di Jatim siap menjalin kejasama dengan Inggris. Apalagi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Makarim, dapat meyakinkan 45 universitas di Britania Raya untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia.

“Pemprov Jatim punya 14 rumah sakit. RS dr. Soetomo berdasarkan jumlah tempat tidur adalah yang paling banyak di Indonesia. Maka jika ada penguatan dari UK, ini akan sangat luar biasa,” tambahnyi. 

Richard Graham mengharapkan kerjasama kuat UK-Jatim dalam pendidikan, kesehatan, transportasi, energi baru terbarukan dan sektor industri perdagangan. “Kami menginginkan hubungan yang semakin mendalam. Serta program perencanaan kemitraan transisi energi dan pembiayaan khusus untuk pembangunan proyek energi terbarukan. Termasuk PLN untuk tenaga surya,” ucapnya. 

Di pertemuan malam itu, Richard juga mendiskusikan kerjasama Inggris dengan angkatan laut Indonesia, dalam stabilitas kapal penyelamat dan kapal selam. Ia juga membahas terkait rencana pembangunan MRT Surabaya Raya yang berpeluang didanai pemerintah Inggris. 

MRT sangat dibutuhkan Jatim. Sebab Surabaya sudah sangat padat. Kemacetan banyak bermunculan di akses penghubung kota tetangga.

“Jawa Timur adalah salah satu daerah paling berpotensi. Masih banyak hal yang kita bisa lakukan bersama. Entah itu dalam hubungan dagang, BUMN, pemeliharaan landasan pacu, atau kerjasama pendidikan yang menarik di Jawa Timur. Terima kasih atas sambutannya. Saya harap akan ada kerjasama lebih jauh," ucap Richard. 

 

CEO Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari David Santoso mengatakan, KEK Singhasari akan menjadi hub pendidikan untuk alumni UK. Hal ini juga telah dikomunikasikan dengan pihak King's College. 

 

Fokus dari King's College mencakup 4 hal. Diantaranya regulasi, infrastruktur, market, dan kolaborator. “Beberapa hal ini ada sebagian yang masih dikaji. Tapi dari pemerintah sudah men-setup agar King's College terakomodir dengan baik,” ungkapnya.  

 

Sementara itu, Senior Manager Niaga Satria dan Pelayanan Pelanggan PLN Achmad Satria Prakasa mengatakan, terkait proyek listrik Madura terdapat 43 pulau yang sudah didata. Dari 43 itu, 25 pulau sudah dialiri listrik dari PLN. 

 

Sedangkan 18 pulau sedang dalam proses untuk dialiri listrik menggunakan PLTS. Selain itu, di Jawa Timur sendiri memiliki kelistrikan sebesar 10.000 MW. Ini merupakan interkoneksi terbesar di Indonesia. 

 

“Dari 10.000 ini, yang terpakai baru 6.000. Selain Jawa Timur, kita juga bisa menyumbang ke daerah lain seperti Jawa Tengah. Jadi kita ada surplus hampir 3.000. Maka kita bisa melayani semua orang, termasuk investor,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: