Addio Milan, Forza Maldini

Addio Milan, Forza Maldini

AC Milan baru saja memecat direktur tekniknya, Paolo Maldini. Pemecatan itu mendapatkan reaksi keras dari publik sepak bola Italia. Maldini yang berjuang untuk mengangkat kembali AC Milan ke level terbaiknya justru dipecat pemiliknya Senin malam, 5 Juni 2--

PERLU dipertanyakan, apakah Gerry Cardinale bisa menangani perpecahan dengan Paolo Maldini lebih buruk lagi. Saat mengambil alih klub dengan sejarah seperti itu, hal terakhir yang Anda lakukan adalah memecat ikon klub yang baru saja secara terbuka meminta lebih banyak investasi untuk naik ke level berikutnya.

Menyebut itu sebagai bencana hubungan masyarakat akan meremehkan dan rasanya tidak ada pelajaran yang dipetik dari kali terakhir Milan memiliki perebutan kekuasaan epik di belakang layar. Saat itu Maldini dan Zvonimir Boban melawan Ivan Gazidis dan Giorgio Furlani untuk menghentikan tergulingnya Stefano Pioli dan mendatangkan Ralf Rangnick. Kali ini Furlani mengayunkan kapak lagi dan pedangnya terhunus.

Sudah cukup buruk ketika tampaknya seolah-olah Maldini dan Frederic Massara memutuskan untuk pergi begitu saja karena perbedaan visi, tetapi gagasan bahwa mereka langsung dipecat sungguh tak terduga. Tidak masalah jika Maldini berencana menghabiskan EUR 100 juta untuk membeli Charles de Ketelaere lainnya. 

Tidak ada alasan untuk menginjak-injak ikonnya. Mereka seharusnya menerima ini tidak akan berhasil dan menemukan cara untuk menyampaikan berita secara lembut dengan pernyataan bersama. Ini lebih seperti kudeta yang terjadi begitu cepat sehingga tidak ada yang punya waktu untuk memprotes. Semuanya sudah berakhir.

Mengesampingkan serangan balik yang tak terhindarkan dan dapat dimengerti dari para penggemar atau kurangnya kebijaksanaan dalam membuang semua rencana ini setelah memenangkan scudetto yang tidak terduga dan mencapai semifinal Liga Champions, ini seperti melempar granat ke tengah-tengah pasukan. Kehilangan Maldini dan Zlatan Ibrahimovic dalam waktu 24 jam adalah jenis trauma yang bisa dihindari tim ini.

Maldini tidak hanya mewakili sejarah klub untuk fans Milan, tapi untuk siapa saja yang mencintai sepak bola. Hanya beberapa minggu yang lalu, fans melihat pakar, termasuk Thierry Henry, praktis pingsan di CBS ketika Maldini berbicara kepada mereka. Theo Hernandez, Sandro Tonali, dan banyak lainnya mengatakan salah satu hal terpenting ketika memilih Rossoneri adalah bertemu dengan Maldini. 

Maldini adalah sosok yang menyediakan jembatan yang diperlukan antara kejayaan lama klub yang memenangkan semuanya dan iterasi saat ini yang sedang mencoba untuk menemukan tempatnya di dunia sepak bola.

Ini adalah pemain yang selama waktunya di lapangan diapresiasi oleh semua orang. Sebagian besar pemain memiliki ”pembenci” yang menganggap mereka arogan atau dinilai terlalu tinggi, terlalu terikat pada satu klub, tetapi Maldini sepertinya selalu melampaui itu. Ia memerintahkan rasa hormat universal dari berbagai generasi penggemar, pemain, dan jurnalis.

Maldini adalah sosok yang selalu hadir di pinggir lapangan selama sesi latihan, memberikan nasihat kepada para pemain karena mereka tahu ia telah melalui semua itu jutaan kali, di level olahraga tertinggi. Ayahnya adalah kapten, mengangkat Piala Eropa di hadapannya. Putranya kembali dari masa pinjaman di Spezia, generasi ketiga Maldini dengan seragam Rossoneri, dengan asumsi tentu saja mereka membiarkannya kembali sekarang. Mereka mungkin telah mengubah kunci rumah keluarga.

Untuk para suporter yang lebih tua, melihat Adriano Galliani dan Silvio Berlusconi membawa Monza tidak hanya ke Serie A, tetapi juga ke posisi papan tengah yang patut dipuji hanya meningkatkan rasa keterasingan dari apa yang seharusnya menjadi Milan modern.

Pemilik asing yang mengambil alih klub Italia bijaksana untuk mempertahankan beberapa koneksi di lapangan, tetapi Cardinale dan RedBird tampaknya ingin memperlakukan itu seperti usaha Liga Premier. Milan tidak lebih dari merek untuk dieksploitasi dan diekspor. Italia melihat betapa para penggemar Manchester United dan Liverpool telah belajar untuk membenci pendekatan tanpa jiwa itu, sekarang ini datang ke Serie A.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: