Ada SPKLU di GWalk : Sambil Makan Bisa Isi Baterai Mobil

Ada SPKLU di GWalk : Sambil Makan Bisa Isi Baterai Mobil

Nike Perwakilan dari Wuling menunjukan cara penggunaan SPKLU yang terletak di depan panggung GWalk, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/6/2023) yang saat ini sudah mulai difungsikan.-Julian Romadhon-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Mobil listrik semakin diminati warga kota Surabaya. Untuk itu, fasilitas pendukung seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sangat diperlukan. Karena masih sangat minim keberadaannya di kota Pahlawan.

Untuk mendukung pengguna kendaraan listrik, CitraLand menyediakan layanan charger mobil listrik. Tempatnya di GWalk Citraland-Surabaya Barat. Citraland menggandeng EV Cuzz. Sebuah perusahaan penyedia layanan charger mobil listrik.

“Fasilitas baru ini dimaksudkan agar pengguna mobil listrik tidak takut kehabisan baterai waktu berkunjung ke GWalk. Jadi sambil makan, bisa isi baterai,” ujar General Manager CitraLand Yuliarso Christiono saat  peresmian SPKLU, Kamis, 8 Juni 2023.

Yuliarso juga mengungkapkan, bahwa kerja sama itu sejalan dengan branding CitraLand yang green, clean, modern International city.

Untuk sementara baru ada dua unit alat pengisian yang dipasang. Yakni, unit AC 7 KW dan AC 22 KW. Cara penggunaan SPKLU ini terbilang mudah. Dengan membeli kuota di aplikasi EV Cuzz. Aplikasinya pun sudah tersedia di app store dan play store. Konsumen tinggal men-download.

“Setelah melakukan pembelian kuotanya di aplikasi, pengguna tinggal mencolokkan kabel charging. Kemudian scan barcode. Dan kalau sudah terkonfirmasi, secara otomatis mengisi daya ke mobil,” terang Romli Ilhamsyach selaku perwakilan EV Cuzz.

Ke depannya EV Cuzz akan menambahkan unit pengecasan di wilayah Surabaya. “Kita lihat dulu data penggunaan kendaraan listrik di Surabaya. Kalau ada peningkatan dan dirasa memerlukan penambahan unit, nanti akan kita tambah,” imbuh Romli.

Saat peresmian, unit charging langsung diuji coba menggunakan mobil listrik hyundai ioniq 5 dan Wuling EV.

Tidak bisa dipungkiri, salah satu kekhawatiran masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik, karena kurangnya fasilitas charging. Diharapkan dengan semakin menyebarnya SPKLU, penggunaan mobil listrik bisa meningkat. (*)

 

Sumber: