Kualat! Mobil Google Street View Nyasar di Kebun Tebu di Malang

Kualat! Mobil Google Street View Nyasar di Kebun Tebu di Malang

Warga tampak membantu proses evakuasi mobil Google Street View atau Mobil Google Maps yang nyasar di Malang.--

BANYAK orang tentu pernah mengalami masalah dengan akurasi Google Maps atau Google Street View. Seringkali ketidakakuratan itu berujung pada nyasar dari tujuan yang dikehendaki penggunanya.

Dan hal itu ternyata tidak hanya terjadi pada pengguna Google Maps atau Google Street View. Bahkan mobil Google Street View sendiri pernah nyasar. Kejadian itu berlangsung tak lama ini, Kamis 8 Juni 2023 di Kabupaten Malang.

Kejadian ini terungkap dari konten viral di media sosial. Di konten itu terdapat gambar Mobil Google Street View bernomor polisi B 1142 DFP nyasar ke sebuah kebun tebu di RT 33, RW 06, Dusun Gumukmas, Desa Karangsari, Kecamatan Bantur, Malang.

Kejadian berawal pada Kamis, 8 Juni 2023 sekitar pukul 15.00 WIB. Saat itu mobil Google Street View tersebut dibawa dua orang. Mobil awalnya berjalan mengikuti Google Maps dan ternyata menuju ke dalam sebuah perkebunan tebu.

Nah, saat ditelusuri, ternyata jalanan itu buntu. Biasanya hanya dipakai untuk akses pengambilan tebu.

Ketika mobil mau kembali ternyata mengalami kesulitan. Kendaraan tersebut tak bisa kembali karena jalan yang masih berupa tanah (belum diaspal) sangat licin usai hujan.

Pengendara mobil Google Maps itu pun akhirnya keluar dan berjalan ke pemukiman warga untuk meminta pertolongan.

Warga yang mengetahui itu akhirnya memberikan pertolongan. Dari 12 orang sebagian menarik menggunakan tali dari depan dan sebagian lagi mendorong mobil Google Maps dari bagian belakang. Proses evakuasi pun berjalan cukup dramatis.

Warga menarik kendaraan bersama-sama sekuat tenaga dalam keadaan jalan menanjak kurang lebih sejauh 400 meter. Bersamaan sang sopir mencoba memacu mobil agar bisa memudahkan warga dalam menarik mobil Google Maps itu.

Kurang lebih butuh waktu 30 menit untuk mengevakuasi mobil itu.

Amin warga setempat mengatakan, awalnya warga tidak tahu jika mobil itu merupakan Google Street View Car. "Misal tahu ada mobil lewat pasti sudah diberitahu kalau jalan itu buntu," kata Amin.

Kejadian seperti itu bukan pertama kali. Pada akhir 2022, menurut Amin pernah ada kejadian sebuah mobil jasa pengangkut barang dari Bogor nyasar ke perkebunan tebu tersebut.

Berdasarkan keterangan sang sopir, tujuan pengiriman barang itu berada di jalan buntu itu. Sopir itu mengatakan ia nyasar setelah diarahkan Google Maps.

Google Street View Car adalah kendaraan yang dilengkapi dengan kamera 360 derajat untuk mengambil gambar jalan-jalan di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: