Puan-AHY Sekarang Bestie Tapi Tetap Beda Koalisi

Puan-AHY Sekarang Bestie Tapi Tetap Beda Koalisi

PUAN MAHARANI banyak tersenyum saat bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, 18 Juni 2023. -Dokumentasi Puan Maharani-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono sulit dipertemukan. Perseteruan abadi dua tokoh bangsa ini tak bisa dicairkan. Pertemuan keduanya akhirnya diwakili oleh para anak. Ketua DPP PDIP Puan maharani bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Pelataran Hutan Kota, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, 18 Juni 2023.

Puan dan AHY sepakat rekonsiliasi. Tak hanya di momen jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024. Mereka berkomitmen untuk terus menyambung komunikasi. 

"Karena memang politik itu penuh dengan dinamika. Jadi supaya bisa mencapai satu titik temu di tengah, perlu waktu untuk bicara-bicara terus," ucap Puan kepada wartawan usai pertemuan. Ke depan, kedua partai merencanakan pertemuan lagi. Terutama untuk makin menyamakan pemahaman.

AHY menambahkan, PDIP dan Demokrat sepakat menciptakan pemilu yang damai dan aman. Jauh dari benturan maupun konflik. Juga bebas dari polarisasi yang keras di tengah masyarakat.

"PDIP dan Demokrat  sama sama nasionalis, Merah Putih, Pancasilais," katanya. Tentu, kata AHY, semua pihak tidak ingin terjadi perpecahan hanya karena kepentingan politik sesaat. Sehingga semua pihak perlu mencari kesamaan.


PUAN MAHARANI mengajak wefie Agus Harimurti Yudhoyono dan pengurus PDIP-Demokrat di kompkes Gelora Bung Karno, 18 Juni 2023.-Dokumentasi Puan Maharani-

Khususnya bagi PDIP dan Demokrat. Akan menjamin untuk saling menghormati dan menghargai. Meski di pemilu kali ini, keduanya saling berseberangan.

PDIP, kata AHY, paham bahwa Demokrat telah terafiliasi dengan  Koalisi Persatuan untuk Perubahan (KPP). Yakni bersama Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

Sebaliknya, Demokrat memahami PDIP punya koalisi sendiri. Mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres. Kedua partai menyadari posisi masing-masing. "Justru jadi sangat terbuka, akhirnya tidak ada rasa tidak enak untuk menyampaikan hal-hal yang memang bagus untuk saling kita ketahui," ucap AHY.

BACA JUGA:Inovasi Virtual Tour Antar Jatim Raih Tourism Entrepreneurial Award 2023

BACA JUGA:Dikalahkan Viktor Axelsen di Final Indonesia Open 2023, Ginting: Saya Sudah Maksimal

Pertemuan Puan dan AHY itu berlangsung cukup singkat. Dihadiri sejumlah pengurus kedua partai. Dari PDIP hadir di antaranya Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristyanto, Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Utut Adianto, Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto, serta politikus PDIP Andreas Hugo Pareira dan Masinton Pasaribu.

Dari Demokrat, hadir di antaranya Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Syarief Hasan, Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon, dan anggota DPR Didik Mukrianto.

Wakil Sekjen Demokrat Imelda Sari menegaskan bahwa rekonsiliasi dengan PDIP sama sekali tidak mengubah arah kemudi di Pilpres 2024. Demokrat tetap di barisan KPP. "Itu sudah disampaikan oleh ketum tadi, bakal calon presiden tetap Anies Baswedan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: