Negoisasi ke Kuba, Tiongkok Bahas Pelatihan Militer Bersama

Negoisasi ke Kuba, Tiongkok Bahas Pelatihan Militer Bersama

Gambaran tentara Tiongkok yang akan melakukan latihan gabungan ke Kuba. -rfbnews.com-rfbnews.com

HARIAN DISWAY - Dilansir dari laporanThe Wall Street Journal (WSJ) pada Selasa, 20 Juni 2023, disebutkan jika Tiongkok baru-baru ini tengah melakukan negoisasi dengan Kuba untuk membangun komplek latihan militer bersama di negara tersebut.

Hal itu diperkuat dengan dugaan bahwa kedua negara tersebut sedang menyasar salah satu pulau di wilayah pantai utara Kuba untuk memulai pembangunan.

BACA JUGA: PM Italia Silvio Berlusconi Meninggal Dunia, Mantan Bos AC Milan Dengan 5 Gelar Liga Champions

Langkah yang diambil Tiongkok itu kini membuat Presiden Amerika Serikat Joe Biden khawatir. Ia menganggap jika aktivitas tersebut akan membahayakan operasi keamanan dan militer lainnya yang hanya berjarak 100 mil dari pantai Florida.

Jubir Pentagon, Sabrina Singh saat diwawancarai secara spontan menolak untuk memberikan komentar terkait laporan tersebut pada Selasa.

Namun, ia mengungkapkan bahwa pemerintah AS menyadari jika Tiongkok secara nyata terus menunjukkan kepentingannya di daratan barat serta memperluas kehadiran militernya.

“Kami akan terus memantai gerak-gerik Tiongkok selama latihan gabungan dan pembangunan infrastruktur militer di pulau itu” tandasnya.

Pada lain kesempatan, dalam konferensi pers di London, Menteri luar negeri AS Antony Blinken mengungkapkan bahwa negaranya sangat cemas melihat aktivitas intelejen dan militer Tiongkok di Kuba saat bertemu dengan Presiden Xi Jinping di Beijing pada Senin, 19 Juni 2023). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: nhkworld-japan