Tak Lagi Jadi Ajang Pemanasan Real Madrid, Ini Yang Baru di Piala Dunia Antarklub

Tak Lagi Jadi Ajang Pemanasan Real Madrid, Ini Yang Baru di Piala Dunia Antarklub

KARIM BENZEMA (tengah) mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub 2022 yang dimenangkan Real Madrid setelah mengalahkan Al Hilal di Prince Moulay Abdellah, Rabat, Sabtu, 11 Februari 2023.-Marcio Machado/Eurasia Sport Images/Getty Images via AFP-

HARIAN DISWAY – FIFA memutuskan format baru untuk Piala Dunia Antarklub. Untuk kali pertama, turnamen yang mempertemukan klub-klub terbaik di dunia itu akan diikuti 32 peserta. Edisi pertama format baru bakal digelar di Amerika Serikat pada 2025 mendatang.

Mulai digelar 2000, Piala Dunia Antarklub sebelumnya hanya diikuti oleh enam sampai tujuh klub. Mereka adalah perwakilan dari enam konfederasi (AFC, UEFA, CAF, OCF, Concacaf, dan Conmebol), plus satu tuan rumah.

Selama itu pula, turnamen dikuasai oleh klub-klub dari Eropa. Dari 19 kali penyelanggaraan (turnamen tidak digelar selama 2001-2004), klub-klub Eropa menjadi juara 15 kali.

Bahkan Real Madrid, yang menjuarai Liga Champions lima kali dalam 10 tahun terakhir, paling sering membawa pulang trofi. Total, Los Blancos—sebutan Real Madrid—juga sudah mengumpulkan lima gelar juara Piala Dunia Antarklub. Yakni pada 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2022.

Maka, tak jarang turnamen ini dijuluki sebagai ajang pemanasan Real Madrid menghadapi musim baru. Karim Benzema dkk datang ketika turnamen sudah berjalan beberapa hari. Langsung bermain di semifinal. Biasanya, mereka melawan wakil Asia atau Afrika. Kemudian menghadapi wakil Amerika Selatan di final. Lalu pulang membawa gelar juara. Sesimpel itu.

Nah, dalam format baru nanti, Real Madrid tidak akan semudah itu meraih trofi. Dengan 32 peserta, masa turnamen akan lebih panjang. Tahap yang dilalui pun banyak. Berikut perbedaan Piala Dunia Antarklub versi lama dengan yang baru.

Empat Tahun Sekali


PRESIDEN FIFA Gianni Infantino berbicara di pertemuan FIFA Council di Zurich, Jumat malam, 23 Juni 2023 waktu setempat. Membahas tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2025.-FIFA-

Sebagai konsekuensi dari durasi turnamen yang panjang, Piala Dunia Antarklub nanti akan berlangsung empat tahun sekali. Setara Piala Dunia (timnas), tapi pesertanya klub. Piala Dunia Antarklub 2023 menjadi yang terakhir memakai format lama.

’’Piala Dunia Antarklub 2025 bakal jadi puncak kompetisi klub sepak bola profesional,’’ jelas Presiden FIFA Gianni Infantino, setelah pertemuan FIFA Council di Zurich, Jumat malam, 23 Juni 2023 waktu setempat. ’’Dengan kebutuhan infrastruktur yang besar dalam satu tempat, AS menjadi tuan rumah ideal untuk mengawali turnamen global yang baru ini,’’ lanjutnya.

’’Dengan beberapa klub sudah lolos ke putaran final, fans dari seluruh dunia pasti akan membawa semangat dan energi ke AS dua tahun lagi. Untuk merayakan milestone dalam misi kami untuk membuat sepak bola ini benar-benar mengglobal,’’ lanjut mantan presiden UEFA tersebut.

Eropa Tetap Dominan


GELANDANG Manchester City Ilkay Gundogan (tengah) mengangkat trofi Liga Champions setelah mengalahkan Inter Milan di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, 10 Juni 2023. -FRANCK FIFE-AFP-

Klub-klub Eropa bakal tetap mendominasi turnamen. UEFA mendapat jatah 12 klub peserta. Sedangkan Conmebol mendapat jatah enam klub. AFC, CAF, dan Concacaf akan diwakili empat klub. Sedangkan OFC satu klub. Lalu, siapa saja yang berhak mewakili konfederasi dalam Piala Dunia Antarklub 2025?

Jatah untuk Conmebol dan UEFA diberikan kepada pemenang Liga Champions 2021-2024. Dan sisanya ditentukan lewat peringkat UEFA dalam empat tahun terakhir. Peserta AFC, CAF, dan Concacaf diambil dari pemenang Liga Champions di wilayan masing-masing pada 2021-2024. Wakil OFC adalah klub juara Liga Champions 2021-2024 yang peringkatnya paling tinggi.

Tiga Klub Eropa Sudah Lolos
Dari aturan di atas, sudah ada beberapa klub yang dipastikan lolos ke Piala Dunia Antarklub 2025. Dari Eropa, ada Manchester City (juara Liga Champions 2023), Real Madrid (2022), dan Chelsea (2021). Dua klub Brazil, yakni Palmeiras dan Flamengo, lolos setelah menjadi juara Copa Libertadores 2021 dan 2022.

Dari Concacaf, sudah ada tiga peserta yang mendapat tiket. Yakni dua klub Meksiko: Monterrey (juara Liga Champions Concacaf 2021), Leon (2023). Serta klub AS Seattle Sounders, juara edisi 2022.

Format Kejuaraan
Hingga kini, format kejuaraan belum ditentukan. Apakah akan memakai full turnamen seperti Piala Dunia timnas, atau menggunakan sistem round robin. Kemungkinan besar, Piala Dunia Antarklub 2025 bakal mengadopsi sistem Piala Dunia timnas. Dengan 32 tim dibagi menjadi delapan grup. Kemudian dua klub dari tiap grup melangkah ke babak 16 besar dan seterusnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fifa