Dialog Wasit VAR Perlu Disiarkan di TV, Hasil Survei Forum Liga Dunia

Dialog Wasit VAR Perlu Disiarkan di TV, Hasil Survei Forum Liga Dunia

VAR pertama kali digunakan di Inggris pada 2019 dan menentukan kemenangan Man City saat melawan Westham United.-Premier League-

HARIAN DISWAY - Mayoritas penonton liga sepak bola di seluruh dunia menginginkan dialog antara wasit dan asisten wasit video (VAR) dapat ditayangkan di TV. Hal itu terungkap dari survei Forum Liga Dunia.

Forum Liga Dunia didirikan pada tahun 2016 dan mewakili 41 badan liga sepak bola profesional, termasuk LFP Prancis, Bundesliga Jerman, Serie A Italia, dan LaLiga Spanyol.

Dilansir dari BBC, 30 Juni 2023, Liga Primer Inggris termasuk dalam 41 kompetisi yang disurvei oleh Forum Liga Dunia, yang dipimpin oleh Richard Masters. Dua puluh lima dari liga-liga yang disurvei mengatakan, mereka mendukung langkah tersebut. Namun, Masters masih menolak berkomentar terkait hasil survei itu.

BACA JUGA:Ada VAR di Liga 1 Musim Depan, Subsidi Klub Bakal Ditambah

BACA JUGA:Ini 18 Nama Wasit Liga 1 yang Lolos Seleksi PSSI dan JFA, Thoriq Alkatiri Nomor 1

Badan pembuat aturan sepak bola, International Football Association Board (IFAB), saat ini tidak mengizinkan feed audio dua arah tersebut didengar oleh penonton televisi.


Teknologi Offside VAR Semi-Automatis Akan Diterapkan di Piala Dunia Qatar 2022-(Foto: FIFA)-

Sebuah survei terhadap para penggemar di Inggris, yang hasilnya dipublikasikan pada bulan Juni, menampilkan fakta bahwa bahwa 63,3 persen dari mereka menentang penggunaan VAR, dengan 79,1 persen pengunjung pertandingan menilai pengalaman mereka dengan VAR buruk atau sangat buruk.

VAR memang membantu wasit dalam mengambil keputusan. Namun, bukan berarti tidak ada kontroversi yang ditimbulkan.

Hal ini berbeda dengan survei yang dilakukan oleh Football Supporters' Association pada tahun 2017 - sebelum pengenalan VAR - yang menemukan bahwa 74,6 persen dari para penggemar mendukung penggunaan VAR untuk mendukung keputusan penting dalam pertandingan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: