Dampak Gempa M6,4, Ratusan Rumah Rusak di Jateng dan Jatim

Dampak Gempa M6,4, Ratusan Rumah Rusak di Jateng dan Jatim

Petugas menginspeksi rumah warga yang rusak akibat gempa di Kecamatan Kaliwiro, Wonosobo, Jateng-Instagram @sar_kaliwiro, @rpb_kaliwiro-

HARIAN DISWAY - Gempa berkekuatan magnitudo M6,4 yang berasal dari Samudera Hindia selatan Jawa pada Jumat malam, 30 Juni 2023 menimbulkan kerusakan di Provinsi Di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.   

Hampir semua warga kabupaten di Jateng merasakan guncangan gempa yang berkedalaman 67 km tersebut. 

Pusdalops BNPB mencatat 11 kabupaten yang warganya merasakan guncangan gempa, antara lain Kabupaten Tegal, Kebumen, Purbalingga, Wonogiri, Purworejo, Wonosobo, Magelang, Banyumas, Banjarnegara, Klaten dan Brebes.

BACA JUGA:Dampak Gempa 6,4: 106 Unit Rumah Rusak di Provinsi DIY

Provinsi Jawa Tengah

1. Korban Jiwa  

Sebanyak 102 kepala keluarga (KK) terdampak di wilayah Provinsi Jateng, dengan jumlah terbanyak berada di Kabupaten Wonogiri 67 KK. 

Selanjutnya di Kabupaten Kebumen warga terdampak tercatat 13 KK, Purbalingga dan Wonosobo masing-masing 6 KK, Purworejo 4 KK, Magelang, Banyumas, dan Banjarnegara 2 KK, sedangkan Kabupaten Tegal dan Brebes masing-masing 1 KK. 

“Sebanyak 2 KK atau 4 jiwa mengungsi ke tempat kerabat terdekat. Sementara 1 warga dilaporkan mengalami luka sedang di Kabupaten Kebumen,” kata Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari pada Sabtu, 1 Juli 2023. 

BACA JUGA:Dampak Gempa M6,4: 15 Rumah Warga Rusak di Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo

2. Kerusakan Bangunan

Kerusakan rumah di Provinsi Jateng mencapai 102 unit dengan rincian rusak ringan 88 unit, rusak sedang 13 unit, dan rusak berat 1 unit. Kerusakan rumah tersebut di antaranya berada di Kabupaten Wonogiri sebanyak 67 unit dan Kebumen 11 unit. 

Selain tempat tinggal, kerusakan juga terjadi pada fasilitas publik, seperti fasilitas umum 8 unit, tempat ibadah 3 unit, fasilitas pendidikan 3 unit dan jaringan listrik. 

Provinsi Jawa Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: