Cheng Yu Pilihan YouTuber Kimbab Family Gina Selvina: Kai Juan You Yi

Cheng Yu Pilihan YouTuber Kimbab Family Gina Selvina: Kai Juan You Yi

Cheng Yu Gina Selvina--

ADA satu hadis yang artinya kira-kira, "Barang siapa yang menginginkan kebahagiaan hidup di dunia, maka hendaklah berilmu. Barang siapa yang menginginkan kebahagiaan di akhirat, maka hendaklah berilmu. Barang siapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah berilmu."

Ini menunjukkan betapa krusialnya ilmu dalam menentukan kualitas kehidupan kita di manapun.

Tentu Anda sudah tahu ilmu tidaklah melulu berasal dari ruang-ruang kelas, melainkan bisa didapat dari pengalaman langsung di lapangan. 

Bahkan, sering kita dengar cerita, dan bisa jadi Anda pun mengalaminya sendiri, ilmu yang didapatkan di bangku sekolah justru tidak banyak yang berguna ketika diterapkan di dunia nyata. Malahan, kita baru memperoleh ilmu "sungguhan" tatkala berada di luar gedung sekolahan. 

Mungkin itulah mengapa Ivan Illich, filsuf berkebangsaan Austria, sejak jauh-jauh hari memprediksi masyarakat masa depan akan menjadi masyarakat yang meninggalkan sekolah (deschooling society). 

Namun, bukan berarti mereka tidak lagi memandang penting ilmu. Mereka, sebagaimana prinsip yang dipegang teguh Gina Selvina, tetap percaya bahwa "知识就是力量" (zhīshí jiù shì lìliàng): ilmu adalah kekuatan. Serta, mencari ilmu banyak gunanya (开卷有益 kāi juàn yǒu yì). Dan, yang tak kalah penting, sumber ilmu ada di mana-mana. Begitu dalam makna cheng yu ini.

Gina telah membuktikan kekuatan dan kegunaan ilmu. Tidak hanya bagi kariernyi, tetapi juga bagi hidupnyi. Waktu dia kuliah di Tiongkok untuk belajar bahasa Mandarin, dia bertemu dengan Jay, pria asal Korea yang kelak menjadi suaminyi. Founder Harian Disway Dahlan Iskan yang mendorongnyi pergi ke Tiongkok. 

Dari pernikahannyi dengan Jay, Gina dikaruniai tiga orang anak. Kini mereka hidup bahagia di Korea Selatan dengan menjadi YouTuber. Akunnyi, Anda sudah tahu, bernama Kimbab Family. Subscribers-nya lebih 2,4 juta.

Sukses selalu, Noona Gina... (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: