Mengenal Yao Chi Jin Mu, Dewi Penguasa Langit Barat

Mengenal Yao Chi Jin Mu, Dewi Penguasa Langit Barat

Rupang suci Dewi Yao Chi Jin Mu, Bunda Emas penguasa Langit Barat.-Julian Romadhon-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pada Kamis, 6 Juli 2023, umat Tri Dharma, termasuk umat Buddha Mahayana, menggelar ibadah ulang tahun Dewi Yao Chi Jin Mu.

Pun dengan mereka yang tergabung dalam perkumpulan Cetiya Buddha Dhamma Sangha Lotus, yang berlokasi di Jalan Pandegiling, Surabaya.

Rupang atau patung Dewi Yao Chi Jin Mu terdapat di sisi kanan altar. Di antara ratusan rupang para dewa yang ada di situ, rupang Yao Chi Jin Mu digambarkan sebagai perempuan suci yang mengenakan busana paduan emas dan merah. Bermahkota emas, tangan kanannya menggenggam tongkat dengan ujung bersulur atau vyajana.

"Sosok Yao Chi Jin Mu kami hormati sebagai Dewi pelindung yang mencurahkan kasih sayang pada semua umat. Layaknya ibu bagi kami," ujar Hanadi Soehardjo Hartono, pembina perkumpulan Cetiya Buddha Dhamma Sangha Lotus.

Hanadi berkisah, bahwa Yao Chi Jin Mu bertempat tinggal di Gunung Lun Shan, Tiongkok. Menguasai kebijaksanaan dan melimpahkan kasih sayang bagi siapa saja. Maka dia dijuluki Jin Mu atau Bunda Emas. Menguasai langit barat dan mengalami pencerahan sempurna.

"Beliau berulang tahun hari ini, 6 Juli. Barang siapa yang ingin beroleh pencerahan sempurna, maka wajib menghaturkan puja bakti untuk Yao Chi Jin Mu," ujar pria 57 tahun itu.

Dewi itu pun dipercaya menguasai elemen emas (logam). Umat Buddha Mahayana menyebutnya "Bunda Para Awal Buddha", yang bertempat di Surga Danau Biru di semesta bagian barat.

"Surga Danau Biru, sama dengan alam suci Sukhavati. Maka dengan melakukan puja bakti, kami berharap kelak bisa terlahir kembali di sana," terangnya.

Selain itu, ibadah ulang tahun Yao Chi Jin Mu bermanfaat untuk menghilangkan karma buruk dari diri. Sekaligus memohon perlindungan agar dijauhkan dari wabah penyakit, gangguan ilmu hitam dan mara bahaya.

Dalam peribadatan tersebut, umat Buddha membaca pula kitab 88 Dewa. Sebagai upaya untuk menghilangkan karma buruk dan membersihkan hati dan pikiran.

"Selain itu kami membaca mantra Bunda Emas dalam ibadah ulang tahun ini. Memohon petunjuk dari beliau," ujarnya.

Mantra Yao Chi Jin Mu dapat semakin efektif bila dibaca 108 kali saat hendak tidur dan ketika bangun. Selain itu, mantra tersebut dapat dibaca setiap saat. Untuk memberi energi positif dalam diri. (Guruh Dimas Nugraha)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: