Belum Dua Tahun, Jembatan Kaliregoyo Lenyap Diterjang Lahar Dingin

Belum Dua Tahun, Jembatan Kaliregoyo Lenyap Diterjang Lahar Dingin

Jembatan Layang Kaliregoyo setelah pufus karena diterjang air bercampur lumpur.-BPBD Lumajang-

LUMAJANG, HARIAN DISWAY - Masyarakat Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang putus harapan lagi. Khususnya warga Dusun Jobong dan Dusun Kajar Kosong. Sebab, Jembatan Kaliregoyo yang jadi penghubung ambles diterjang lahar dingin Jumat sore, 7 Juli, 2023.

Padahal, jembatan gantung senilai Rp 9 miliar itu baru dibuka 2021 silam. Jadi kado hari kemerdekaan 17 Agustus. Kini, masyarakat setempat harus bersusah payah lagi.

Dulunya, mereka selalu kesulitan melintasi Kali Regoyo. Sama sekali tak ada jembatan penghubung. Terpaksa harus melewati langsung jalur lahar Gunung Semeru itu.

Baik untuk mobilitas perekonomian warga maupun akses pendidikan anak-anak yang sekolah di sana. Tentu, bila lahar dingin datang, warga dua dusun itu selalu terisolir. Itu sudah jadi kebiasaan sejak berpuluh tahun lalu.

BACA JUGA:Update Sementara Pengungsian Lumajang

BACA JUGA:Video Viral Tampilkan Jembatan Kali Glidik II Lumajang Putus Diterjang Banjir

Jembatan sepanjang 150 meter dan lebar 2 meter ini memang menjadi bagian dari detak kehidupan masyarakat setempat. Sayang, usia jembatan hanya bertahan 30 bulan. 

Aktivitas ekonomi dan pendidikan pun dipastikan macet bila terjadi banjir lahar lagi. Setidaknya sampai dibangun kembali jembatan baru.

Selain Jembatan Kaliregoyo, lahar dingin Gunung Semeru kemarin juga menerjang beberapa desa lain. Bahkan ada dua jembatan lagi yang terputus. Yakni jembatan di perbatasan Lumajang - Malang.


Screenshot dari video jembatan Kali Regoyo yang viral. -Screenshot Video-

Persisnya antara Dusun Besukcukit, Desa Pronojiwo, Kabupaten Lumajang dan Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Akibatnya akses Lumajang - Malang via Ampelgading pun terputus. 

Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita memastikan akses jalan tersebut tidak bisa dilewati lagi. Masyarakat diimbau putar haluan. Ada jalur alternatif terpendek yang bisa digunakan masyarakat. Salah satunya di kawasan Simpang Empat Dampit, Kabupaten Malang.

“Supaya masyarakat tidak putar balik terlampau jauh, kami siagakan personel di Simpang Empat Dampit,” tandas Agnis. Petugas mengarahkan warga agar tidak ke Lumajang jalur Selatan. Setidaknya, hingga kondisi jembatan telah diperbaiki.

Lokasi Simpang Empat Dampit berada di puluhan kilometer sebelum di lokasi jembatan yang terputus. Sementara akses jalan di Dampit, Tirtoyudo dan Ampelgading adalah jalan raya utama menuju Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: