Selain Threads, Ini Deretan Aplikasi META yang Dianggap Menjiplak

Selain Threads, Ini Deretan Aplikasi META yang Dianggap Menjiplak

Mark Zuckerberg Akan Ubah Tampilan Instagram Seperti TikTok,-istimewa-Mediakix

HARIAN DISWAY - Kehadiran Threads masih menjadi perbincangan hangat. Bukan karena fiturnya. Tapi bagaimana pro dan kontra terkait tudingan aplikasi ini menjiplak Twitter.

Tudingan penjiplakan ini membuat pemilik Meta (dulu Facebook), Mark Zuckerberg dianggap sebagai salah satu tokoh paling berani di abad ini. Sekaligus peniru paling fenomenal. Sebab Meta memang secara terang-terangan menjiplak berbagai fitur aplikasi populer dalam beberapa tahun terakhir.

Memang banyak aplikasi bikinan Meta yang terkesan menciplak. Misalnya fitur Snapchat hingga kloning TikTok dalam bentuk Instagram Reels.

Inovasi terbaru Mark Zuckerberg hadir dalam bentuk aplikasi Threads yang secara terbuka mengaku menjadi pesaing Twitter. Aplikasi tersebut dibuat dengan sambungan akun Instagram yang telah terdaftar.

Kehadiran Threads membuat pemilik Twitter, Elon Musk, meradang. Ia menantang Mark Zuckerberg untuk melakukan pertikaian.

Threads sekarang telah aktif dan menjadi salah satu aplikasi paling laris untuk kategori awal pendaftaran. Menurut Zuckerberg, Threads didownload lebih dari 30 juta orang. Dalam waktu kurang dari sehari!

Capaian ini konon tak lepas dari konektivitas Instagram dan Threads yang membuat orang penasaran dan akhirnya mengunduh dan mendaftar.

Mark Zuckerberg berambisi menjadikan Threads sebagai aplikasi yang akan digunakan oleh 1 miliar orang. Namun, apakah Threads dapat bersaing dengan Twitter masih harus dilihat.

Dikutip dari Mainmain.id berikut ini aplikasi-aplikasi buatan Meta dengan fitur yang kerap disebut meniru aplikasi lain yang lebih dulu ada.

Instagram Stories

Salah satu contoh fitur aplikasi buatan Meta yang disebut sukses meniru adalah Instagram Stories. Fitur ini hadir pada 2016. Mirip dengan Snapchat yang sangat populer sebelumnya.

Stories juga menampilkan filter wajah mirip Snapchat. Pada pertengahan 2018, Instagram Stories memiliki pengguna harian dua kali lebih banyak dari Snapchat.

Instagram Reels

Selain Stories, Instagram juga membuat fitur Reels yang dianggap meniru TikTok. Di awal kehadirannya, Instagram menawarkan beberapa kreator iming-iming hadiah USD 10.000 untuk mem-posting video.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: