KKN di Mojokerto, Mahasiswa Untag Latih E-Commerce pada UMKM

KKN di Mojokerto, Mahasiswa Untag Latih E-Commerce pada UMKM

Boby Anggara mengenalkan e-commerce kepada pelaku UMKM paper bag di Mojokerto.-Istimewa-

MOJOKERTO, HARIAN DISWAY- Perkuat UMKM, Mahasiswa dari Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya telah mengadakan pelatihan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Secara spesifik, yang diajarkan adalah pembuatan akun e-commerce (Shoopee) kepada pelaku UMKM paper bag.

Para mahasiswa tersebut adalah peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2023. Mereka diberi pemahaman bahwa salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan oleh mahasiswa Untag Surabaya adalah pengabdian kepada masyarakat.

Rektor Untag Surabaya Prof Mulyanto Nugroho menjelaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat adalah kunci untuk menjadi mahasiswa yang berkompeten. "Sebagai mahasiswa, Anda telah ditempatkan dalam 'Kawah Candradimuka' untuk menjadi sakti. Dan untuk menjadi lebih sakti, Anda perlu berkontribusi kepada masyarakat," ucap Prof Mulyanto Nugroho saat upacara pelepasan peserta KKN.

Di antara 1.124 mahasiswa yang turun ke desa-desa itu, ada kelompok 27 yang beranggota 32 mahasiswa. Kelompok itu berkegiatan di Desa Jiyu, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, mulai dari 03 Juli 2023. Tema KKN mereka, yaitu "Penguatan Ikon Desa Berbasis Potensi Lokal," dan harus benar-benar diimplementasikan.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN Untag Paparkan Pentingnya Foto Kemasan

Salah satu peserta KKN tersebut adalah Boby Anggara, mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dia memberikan pelatihan untuk membuat akun e-commerce bagi UMKM paper bag.

Mengingat paper bag adalah salah satu kemasan inovatif dari bahan dasar kertas yang menggantikan kantong plastik sekali pakai dan lebih ramah lingkungan untuk mendukung bumi tanpa sampah plastik. 

Apalagi pelaku UMKM Paper Bag ini memiliki potensi besar. Namun, mereka menghadapi tantangan dalam memasarkan produk secara online.

“Saya belum begitu paham tentang toko online ini, makanya belum saya coba pasarkan di online, maklum lah mas, orang tua,” ungkap bu Buba, pemilik UMKM paper bag kepada Boby Anggara, mahasiswa Untag Surabaya.

Maka dari itu para mahasiswa tersebut mengajarkan pembuatan akun e-commerce dan cara pengeporasionalannya, khususnya aplikasi Shopee. Pelatihan itu dilakukan pada hari Jumat 7 Juli 2023 tepatnya di salah satu rumah warga pemilik UMKM paper bag itu sendiri. (*)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: