PSIS vs Persebaya: Tugas Ripal Matikan Marukawa!

PSIS vs Persebaya: Tugas Ripal Matikan Marukawa!

Ripal Wahyudi bermain militan ketika Persebaya Surabaya menghadapi Bali United dalam Surabaya 730 Game di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Minggu sore, 28 Mei 2023.-Istimewa-

HARIAN DISWAY - Laga PSIS vs Persebaya selalu menarik. Sebab rivalitas kedua tim ini terbangun sejak era Perserikatan. Apalagi ada bumbu-bumbu menarik di dua musim terakhir. Apalagi jika bukan soal kehadiran sosok Taisei Marukawa.

Taisei merupakan sosok yang sempat menjadi pahlawan di Persebaya. Tepatnya di musim 2021/2022. Ketika Liga 1 diputar kembali setelah pandemi. Digelar dengan sistem semi bubble.

Kehadiran Taisei menjelma menjadi sosok yang menakutkan untuk pertahanan lawan. Sosoknya yang kecil sempat dipandang sebelah mata oleh orang. Bahkan kabarnya, banyak tim yang sempat tidak mau ditawari Marukawa oleh agennya.

Tapi dengan racikan strategi Aji Santoso, Marukawa bisa menunjukkan potensi hebatnya. Di akhir musim itu ia pun diganjar predikat pemain asing terbaik. Aji Santoso juga mendapatkan gelar pelatih terbaik.

BACA JUGA: Rekor Pertemuan Persebaya vs PSIS: Bajol Ijo Lebih Unggul

Dan, keduanya berpisah di musim 2022/2023. Perpisahan yang tidak baik. Aji menginginkan Marukawa bertahan. Manajemen sudah mengerahkan semua upayanya untuk mempertahankan pemain asal Jepang itu. Namun ternyata belakangan diketahui, Marukawa sudah memiliki kesepakatan dengan PSIS, sebelum kontraknya berakhir.

Aji sempat emosional dengan kepergian Marukawa itu. Ia menyebut Persebaya tak masalah kehilangan Marukawa. Dan Aji kembali bisa menemukan potensi pemain Jepang lewat Sho Yamamoto. Semua pun akhirnya melupakan Marukawa.

Marukawa secara skill masih sangat menjanjikan di PSIS. Meskipun skill-nya itu tak bisa mengantarkan PSIS meraih peringkat yang lebih bagus daripada Persebaya di musim lalu.

Dalam dua kali pertemuan, Marukawa tak bisa berkontribusi apapun ketika PSIS bertemu Persebaya. Tidak ada gol dari kaki Marukawa. Hanya ada satu assist. Itu pun tendangan bebas yang kemudian bisa dikonversi sebagai gol oleh Alfeanda Dewangga.

BACA JUGA:Rapor Taisei Marukawa bersama PSIS, Belum Mampu Jebol Gawang Bajol Ijo

Kini tugas menghentikan aksi Marukawa ada di pundak gelandang bertahan baru Persebaya, Ripal Wahyudi. Harusnya Ripal bisa menjalankan tugas ini. Ia sudah melakukan tugasnya dengan baik di beberapa pertandingan Persebaya. Pemain seagresif Alexis Messidoro pun kesulitan menghadapi Ripal.

Ripal harus bisa menghentikan suplai bola PSIS yang selama ini selalu dialirkan ke Marukawa.

Persebaya sendiri memiliki bekal positif saat melawat ke markas ke PSIS Semarang Minggu, 16 Juli 2023. Dalam lawatan terakhir ke Stadion Jatidiri, Semarang, musim lalu, Persebaya menang 2-1.

Tapi Aji Santoso menekankan para pemainnya untuk tidak meremehkan lawan. Meskipun secara head to head, PSIS kerap mudah diatasi Persebaya. Apalagi skuad PSIS banyak berubah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: