Studi: Cegah Serangan Jantung Cukup Olahraga 2,5 Jam di Akhir Pekan

Studi: Cegah Serangan Jantung Cukup Olahraga 2,5 Jam di Akhir Pekan

Dua Olahraga Terbaik yang Bantu Turunkan Tekanan Darah [email protected]

HARIAN DISWAY - Aktivitas fisik teratur sangat baik untuk kesehatan jantung. Sebuah studi baru yang dilakukan oleh peneliti Harvard menemukan bahwa berolahraga selama 2,5 jam dalam satu atau dua hari pada akhir pekan dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 27 persen.

Sementara itu, risiko serangan jantung pada orang yang berolahraga dalam waktu yang lebih banyak dalam seminggu bisa turun hingga 35 persen.

Dalam studi yang dipublikasikan di JAMA, peneliti juga menemukan bahwa orang yang berolahraga di akhir pekan mengalami penurunan risiko gagal jantung sebesar 38 persen. Sementara mereka yang berolahraga secara teratur risikonya menurun 36 persen.

Studi terbaru ini salah satunya melibatkan Dr. Patrick Ellinor. Ia merupakan kepala pelaksana kardiologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts. Ellinor juga seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School. "Hasil penelitian ini cukup mengejutkan," kata Ellinor.

Para peneliti itu memanfaatkan sebuah database yang digunakan secara luas dari UK Biobank. Data di sana digunakan oleh para peneliti untuk melihat lebih dekat bagaimana efek dari waktu olahraga

Dalam penelitian baru ini, sejumlah peserta diminta memakai akselerometer yang dipasang di pergelangan tangan. Alat itu  mengukur aktivitas fisik 24 jam sehari.

Ellinor dan rekan-rekannya berfokus pada 89.573 peserta yang mengenakan akselerometer selama seminggu. Para peneliti mengkategorikan peserta sebagai denga nama: pejuang akhir pekan, olahraga teratur, atau tidak aktif.

Penelitian ini diakui memiliki keterbatasan karena data aktivitas dikumpulkan hanya dalam seminggu. Para peneliti tidak tahu apakah para peserta melanjutkan pola latihan yang sama selama masa tindak lanjut.

Namun, Dr. John McPherson, seorang ahli jantung dan profesor kedokteran di Vanderbilt University Medical Center di Nashville mengatakan bahwa pesan utama dari penelitian ini adalah bahwa orang harus melakukan aktivitas sedang hingga berat selama 150 menit setiap minggu. Terlepas dari bagaimana orang memenuhinya.

"Yang paling penting adalah mempertahankan 150 menit seminggu," kata McPherson.

Dalam rangka menjaga kesehatan jantung yang optimal, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur setiap minggunya.

Namun, bagi mereka yang merasa kesulitan untuk meluangkan waktu setiap hari untuk berolahraga, berolahraga selama 2,5 jam pada akhir pekan dapat menjadi alternatif yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: