Jatim - Ceko Gagas Kerjasama di Bidang Infrastruktur

Jatim - Ceko Gagas Kerjasama di Bidang Infrastruktur

JABAT TANGAN antara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Duta Besar (Dubes) Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Doleček.-Humas Pemprov Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Doleček, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jalan Gubernur Suryo, Kamis, 20 Juli 2023. 

Berbagai pembahasan dilakukan dalam pertemuan itu. Salah satunya pengembangan industri manufaktur di sektor kereta api dan teknologi pertanian. Rencananya, tindak lanjutnya akan dilakukan September dan Oktober 2023 mendatang.

Khofifah mengatakan, Jatim ketempatan dua pabrik milik perusahaan BUMN: PT INKA. Yakni di Madiun dan Banyuwangi. Karena itu, dia berharap saat tim dari Ceko nanti datang, mereka bisa mendatangi dua pabrik tersebut. 

Di sisi lain, provinsi yang dipimpinnya itu, saat ini sangat mendukung pengembangan industri manufaktur. Di 2022 lalu, pertumbuhan industri manufaktur sebesar 31,4 persen. Sekarang juga, kawasan aglomerasi Surabaya sedang finalisasi rencana proyek pembangunan LRT dan MRT.

"Saya rasa, ini waktunya tepat sekali. Sehingga nanti bisa melihat persiapan masterplan proyek LRT dan MRT di kawasan aglomerasi Surabaya ini. Semoga rencana ini bisa dikonkritkan lagi. Karena kita inginkan koneksitas dari transportasi publik di aglomerasi Surabaya itu," ungkapnyi.

Terkait pengembangan kerjasama di bidang teknologi pertanian dan peternakan, dia ingin ada pelatihan teknologi pertanian dari Republik Ceko, untuk para petani atau gapoktan. Serta para peternak di Jatim. Apalagi, sektor tersebut sangat maju dan berkembang di Republik Ceko.

"Dari berbagai kecanggihan teknologi tersebut yang mungkin bisa kami akses. Teknologi pertanian apakah berbasis inovasi terapannya ataukah berbasis satelit dan seterusnya. Saya rasa kita punya kesempatan untuk meningkatkan produktivitas sektor agro di Jatim," tambahnyi. 

Dubes Republik Ceko, menurutnya, juga memiliki perhatian khusus terkait pemanfaatan  gedung cagar budaya. Sebagai seorang pakar  di bidang teknik sipil, Jaroslav, memberikan rekomendasi terkait upaya renovasi atau perbaikan gedung-gedung peninggalan yang menjadi cagar budaya di Indonesia.

Ke depan, ia berharap dapat dikembangkan kerjasama yang lebih luas lagi antara Jatim dengan Republik Ceko.  Salah satunya peluang kerjasama pengembangan sister province atau sister city.

Dubes Republik Ceko untuk Indonesia, Jaroslav Doleček mengatakan, dalam kunjungan ini ia berharap bisa membantu Jatim dari sisi sektor perhubungan. Hal ini karena sektor perhubungan menjadi menjadi titik penting dalam upaya pertumbuhan ekonomi dan perkembangan provinsi itu sendiri. 

"Di bulan September - Oktober, kami akan mengirim delegasi kami untuk follow up. Sebagai tindak lanjut yang akan bisa diselenggarakan secara nyata. Kami juga akan membantu di bidang teknologi terutama pertanian, peternakan dan bidang-bidang lain utamanya di sisi secara teknis," katanya.

"Saya harap kedatangan saya yang kedua ke Surabaya ini akan bisa berefek besar pada pembangunan Provinsi Jawa Timur. Saya juga berterimakasih pada Ibu Gubernur Khofifah yang telah memberikan jalan terbuka pada saya, dan saya juga berharap bisa mengundang beliau ke Praha," ungkapnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: