Musisi Legendaris Tony Bennett Meninggal Dunia

Musisi Legendaris Tony Bennett Meninggal Dunia

Tony Bennett saat satu panggung bersama Lady Gaga.--

Musisi legendaris yang terkenal karena membawakan lagu-lagu klasik Amerika, Tony Bennett, meninggal dunia, Jumat 21 Juli 2023. Ia meninggal dua minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-97.

Tony Bennett punya nama lengkap Anthony Dominick Benedetto. Ia lahir 3 Agustus 1926. Tony Bennett dikenal sebagai salah satu maestro dan legenda di musik jazz, pop, dan swing.

Tony Bennett mulai berkarier di dunia musik sejak 1936. Terakhir kali ia merilis album pada 2021. Atau sejak 85 tahun dirinya berkiprah di dunia musik. Total ia sudah merilis lebih dari 70 album.

Sepanjang itu pula, Tony Bennett sudah mengantongi 20 piala Grammy Awards. Sebuah piala Grammy Lifetime Achievement Awards, dan dua piala Primetime Emmy Awards.

Nama Tony Bennett juga tercatat sebagai penerima NEA Jazz Master dan Kennedy Center Honoree. Tony Bennett sudah menjual lebih dari 50 juta rekaman di seluruh dunia.

Puluhan tahun berkarier di dunia musik dan menghasilkan banyak capaian, membuatnya Tony Bennett dikagumi banyak musisi lain, mulai Frank Sinatra hingga Lady Gaga.

Salah satu pujian paling berkesan yang pernah didapat Tony Bennett disampaikan Frank Sinatra dalam wawancara majalah Life pada 1965.

"Tony Bennett adalah penyanyi terbaik dalam bisnis musik. Melihatnya menyanyi sungguh-sungguh menyenangkan saya. Ia menggerakkan hati saya. Ia adalah penyanyi yang menyampaikan apa yang ada dalam pikiran sang komposer, dan mungkin lebih dari itu," kata Sinatra waktu itu.

Tony Bennett meninggal di New York. Tidak ada penyebab khusus kematiannya, tetapi Tony Bennett pada 2016 sempat didiagnosis menderita penyakit Alzheimer.

Ia meninggalkan istrinya Susan. Tony Bennett punya dua putrinya bernama Johanna dan Antonia. Juga dua putranya Danny dan Dae. Tony Bennett memiliki sembilan cucu.

Selain bernyanyi, Tony Bennett suka melukis. Ia selalu membawa buku sketsa lukisan dalam tur-turnya.

Karya-karya lukisnya, yang ditandatangani dengan nama keluarganya Benedetto, termasuk potret teman-teman musisinya dan lanskap Central Park, sering dipamerkan. Salah satunya di Museum Seni Smithsonian.

Sebelum terjun ke dunia musik, Tony Bennett bergabung menjadi tentara AS untuk Perang Dunia II.

Semasa masih jadi tentara, Tony Bennett mendapatkan tugas untuk berperang sebagai bagian dari prajurit infanteri di Eropa, tepatnya di Prancis dan Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: