Hasil Pertandingan Persebaya vs RANS: Permainan Green Force Lebih Cair Tanpa Ze Valente

Hasil Pertandingan Persebaya vs RANS: Permainan Green Force Lebih Cair Tanpa Ze Valente

Kehadiran Ze Valente belum memberikan kontribusi berarti bagi Persebaya di awal musim ini.--

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Laga Persebaya vs RANS Nusantara menyisakan sejumlah evaluasi untuk pelatih Aji Santoso. Bagaimana tidak, pasukan Aji Santoso sudah dua kali kehilangan poin penuh di kandang. Bahkan nyaris kalah lawan RANS, Minggu 23 Juli 2023.

Persebaya baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-80 melalui gol Paulo Victor. Setelah sempat tertinggal 1-2 hingga babak pertama berakhir.

Pelatih Persebaya Aji Santoso menyoroti barisan belakang, terutama di sisi kiri, yang begitu mudah ditembut. Gol pertama maupun kedua RANS lahir dari lubang di sektor tersebut.

Persebaya yang unggul 1-0 pada menit ke-25, akhirnya tertinggal 1-2 pada akhir babak pertama. 

Memasuki babak kedua, dalam posisi tertinggal, permainan Persebaya tidak kunjung membaik. Tempo lambat, peluang pun nyaris tidak ada.

Situasi baru berubah pada menit ke-66. Saat Aji Santoso mengganti Ze Valente dengan Toni Firmansyah. Seketika permainan Bajol Ijo lebih hidup.

Bahkan, gol Victor berawal umpan terobosan Toni kepada Kasim Botan. Kasim kemudian menusuk dan memberikan assist ke Victor.

”Masuknya Toni membuat permainan lebih hidup. Ze tidak masalah, dia kurang maksimal karena ditempel ketat bek lawan,” kata Aji. 

Memang, ketika Ze bermain, tempo permainan Persebaya terkesan lambat. Bola lebih banyak berkutat di tengah dan belakang. Akibatnya, meski menguasai ball possession, peluang yang didapatkan sangat minim.

Melihat ke belakang, sejak masa preseason, permainan Persebaya memang lebih cair tanpa Ze. Itu terlihat saat Persebaya menang 3-1 atas Bali United dan menang 4-3 atas Persis Solo di laga pra musim.

Saat Persebaya menurunkan Ze permainan jadi buntu dan lambat.

Sudah lima kali Ze main musim ini. Sekali preseason. Empat kali di laga resmi Liga 1.

Di preseason, Persebaya imbang 2-2 melawan Persija. Di laga resmi Liga 1, kehadiran Ze sekali membawa Persebaya menang. Selebihnya dua kali seri, dan sekali kalah.

Bisa saja, kalau Ze tidak ditarik kemarin, Persebaya akan mengalami kekalahan kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: