Area 51, Wilayah Misterius yang Jadi Konspirasi tentang Alien

Area 51, Wilayah Misterius yang Jadi Konspirasi tentang Alien

Bertema alien, orang-orang ini menyemut di gurun Nevada untuk festival Extraterrestrial Highway. Mereka merayakan teori konspirasi UFO di Area 51dengan gaya khas.-Bridget Bennet-AFP-

NEVADA, HARIAN DISWAY – Konspirasi mengenai Area 51 pasti sudah sering terdengar. Banyak yang percaya bahwa wilayah di negara bagian Nevada itu adalah tempat bagi pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk menyembunyikan alien. Jadi benarkah tudingan mantan tentara AS bahwa negeri itu menyembunyikan makhluk dari planet lain?

Dibangun pada 1951, Area 51 terletak 135 kilometer di sebelah utara Las Vegas. Tempat itu sebenarnya merupakan fasilitas militer milik Angkatan Udara Amerika Serikat. Awalnya untuk pangkalan militer.

Tapi, sejak awal dibangun, aktivitas di tempat ini tidak pernah secara resmi diungkap oleh pemerintah AS. Benar-benar dirahasiakan. Bahkan CIA baru secara resmi mengakui keberadaan tempat tersebut pada 2013.

Walau begitu, sudah banyak kegiatan yang diduga dilakukan di Area 51. Salah satunya adalah pengembangan dan pengujian beberapa pesawat mata-mata. Sebut saja, seperti SR-71 Blackbird yang ikonik. Serta menjadi tempat pengujian bom nuklir.

BACA JUGA : Mantan Intelijen Tuding Amerika Serikat Sembunyikan Pesawat Alien

BACA JUGA : Geger Alien di Pantai Afrika Selatan

Rahasia yang tersimpan erat mengenai Area 51 menambah kesan misterius tempat itu. Tidak ada warga sipil yang secara pasti mengetahui aktivitas seperti apa di dalamnya.

Banyak orang pun penasaran. Rasa penasaran yang tinggi itu melahirkan banyak teori konspirasi yang berseliweran mengenai tempat ini. Mulai penyimpanan bangkai pesawat luar angkasa, penyimpanan mayat alien, hingga teknologi senjata eksotis yang dikembangkan di area tersebut.

Teori konspirasi yang kerap dibicarakan adalah tentang adanya alien di sana. Dugaan Area 51 menjadi tempat penyimpanan alien bermula pada 1947. Ada rumor beredar mengenai bangkai pesawat luar angkasa yang dipiloti alien jatuh di Roswell, New Mexico. Pesawat itu lantas dibawa ke Area 51 untuk eksperimen.

Tujuan eksperimen tersebut adalah untuk merekayasa ulang teknologi pesawat tersebut agar manusia dapat membuat teknologi yang. Pemerintah Amerika Serikat dengan cepat membantah rumor tersebut. Mereka menegaskan bahwa alien tidak pernah ada. Dan pesawat yang dimaksud adalah balon udara.

Tidak berhenti sampai di situ. Pada 1989, seorang pria mengaku pernah bekerja di pusat teknologi alien di dalam Area 51. Ia mengklaim telah melihat foto alien yang tengah diotopsi di atas meja operasi. Pria tersebut juga mengatakan bahwa tempat tersebut digunakan oleh pemerintah untuk memeriksa UFO.

Klaim lain mengatakan bahwa beberapa orang melihat secara langsung adanya UFO yang terbang di atas wilayah tersebut. Lebih aneh lagi, beberapa orang lain mengaku pernah diculik alien dan dijadikan objek eksperimen sebelum dikembalikan lagi ke bumi.

Dampak banyaknya konspirasi dan rumor yang beredar, fasilitas militer tersebut menjadi bagian dari mitologi modern dan urban legend di abad ke-20. Ditambah lagi, Area 51 dan alien sudah menjadi pop culture yang sering diangkat di film-film Hollywood. (Nathan Gunawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: