Persebaya Istirahatkan Aji Santoso, Cari Pengganti Pelatih Asing?

Persebaya Istirahatkan Aji Santoso, Cari Pengganti Pelatih Asing?

Pelatih Persebaya, Aji Santoso saat official training pertandingan kontra Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu, 29 Juli 2023.--instagram @officialpersebaya

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Keputusan itu akhirnya tiba. Presiden Persebaya memimpin rapat mendadak sesaat setelah timnya dikalahkan Persikabo, 1-2 di Gelora Bung Tomo, Jumat 4 Agustus 2023. Keputusan itu: Aji Santoso diistirahatkan.

Kabar itu disampaikan Persebaya melalui akun officialnya. Sayang tak ada penjelasan terperinci soal diksi diistirahatkan itu. Sebuah diksi yang tidak biasa diambil klub-klub Liga 1 yang sedang bermasalah dengan pelatihnya.

Kabar yang diperoleh Harian Disway, kalimat mengistirahatkan itu sebenarnya dengan mencopot Aji Santoso dari jabatan head coach. Hanya saja secara legal, tidak atau belum ada pengakhiran perjanjian kontrak.

"Kemungkinan coach Aji akan diberi tugas baru, bukan lagi sebagai head coach," kata sumber Harian Disway.

Itulah kenapa, dalam rilis resmi, manajemen Persebaya menyebut keputusan lebih lanjut akan diambil pasca dua pertandingan berikutnya.

Di dua pertandingan berikutnya itu, tantangan juga diberikan pada Uston Nawawi yang didapuk sebagai caretaker.

BACA JUGA:Aji Santoso: Performa Persebaya Turun, Jumlah Tiket yang Terjual Ikut Turun

Pemilihan Uston Nawawi cukup menarik juga. Mengapa Uston yang dipilih, bukan yang lain. Mengingat ada tiga asisten lain yang selama ini mendampingi Aji Santoso, yakni Mustaqim, Bejo Sugiantoro, dan Benny van Breukelen (pelatih kiper).

Pemilihan Uston itu kemungkinan karena faktor chemistry yang terbangun sudah lama. Apalagi Uston punya catatan positif ketika membawa Persebaya U-20 menjuarai kompetisi EPA. Saat itu posisi manajer tim Persebaya U-20 juga dijabat Yahya Alkatiri.

BACA JUGA:Penguasaan Bola 74 Persen, Ciptakan 21 Tembakan, Persebaya Tetap Kalah dari Persikabo

Sumber Harian Disway menyebutkan, jika dalam dua pertandingan ke depan Uston Nawawi bisa menjawab tantangan ini, kemungkinan ia mendapatkan kepercayaan lebih untuk mendampingi tim ini hingga akhir musim.

Namun jika gagal, manajemen Persebaya mencoba mencari sosok head coach. Pilihannya kemungkinan besar pada sosok pelatih asing.

"Ada satu-dua nama yang sedang coba dijajaki. Satu di antaranya asal Eropa dan kini melatih di Asia," kata sumber itu.

Menarik disimak, apakah Uston Nawawi bakal bisa menjawab tantangan ini bersama Yahya Alkatiri? Atau sebaliknya, Uston bakal kembali ke jabatan semula dan manajemen Persebaya mendatangkan pelatih baru? (Fidelis Daniel) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: