Evaluasi Hasil Australian Open 2023, Herry IP: Performa Ganda Putra Masih Roller Coaster

Evaluasi Hasil Australian Open 2023, Herry IP: Performa Ganda Putra Masih Roller Coaster

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan saat tampil di babak 16 besar Australia Open 2023-PBSI-

SYDNEY, Harian Disway – Tidak ada gelar yang diraih PBSI dalam tiga turnamen terakhir. Untuk ganda putra sendiri terakhir naik podium teratas pada All England 2023 pada Maret lalu. Setelah itu mereka dua kali kalah di babak final.

 

Pada Australian Open 2023 sendiri, wakil Indonesia habis di perempat final. Termasuk Fajar Rian/M. Rian Ardianto yang takluk dari Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae pada Jumat, 5 Agustus 2023 di Quay Center, Sydney.

 

“Dengan hasil ini performa Fajar/Rian yang mengikuti tiga turnamen beruntun memang menurun. Di Korea mereka bisa maju ke final. Di Jepang bertahan hingga semifinal. Disini (Australia) malah tersisih di perempat final,” kata pelatih Herry Iman Pierngadi kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

 

Sedangkan ganda putra yang lain hanya Bagas Maulana/M. Shohibul Fikri yang pernah mencapai final selama empat bulan terakhir. Mereka berlaga di laga pamungkas Thailand Open 2023 tapi kalah dari Liang Wei Kang/Wang Chang.

 

“Sementara ganda-ganda kami yang lain performanya memang belum konsisten. Performa mereka saya ibaratkan masih seperti roller coaster. Kadang bagus dan berada di puncak. Setelah itu performa mereka di bawah. Sering kalah di babak-babak awal,” kata pelatih berjuluk Naga Api itu.

 

Bagas/Fikri pernah menjadi juara All England 2021. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan merupakan juara Asia 2022. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin pernah juara Singapore Open 2022 lalu tahun ini juara Indonesia Masters dan Thailand Masters.

 

Herry IP mengakui memang perlu waktu untuk masuk jajaran elit dunia. Apalagi persaingan ganda putra dunia saat ini memang sengit. Masing-masing negara memiliki pasangan yang kuat dan bisa saling mengalahkan. Ditambah saat ini sudah masuk perhitungan poin Olimpiade Paris 2024.

 

Setelah ini para pemain memiliki waktu jeda dua pekan. Mereka menatap Kejuaraan Dunia 2023. Turnamen itu berlangsung pada 21-27 Agustus di Kopenhagen, Denmark. “Kami berpacu dengan waktu. Semoga saja persiapannya lancar dan hasilnya juga bagus,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: