Cheng Yu Pilihan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji: Hao Shi Duo Qian

Cheng Yu Pilihan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji: Hao Shi Duo Qian

Cheng Yu Armuji--

KONON, sejak sebelum manusia dilahirkan, takdirnya sudah ditentukan duluan oleh Sang Mahapencipta. Mau bagaimanapun, kalau ketetapan-Nya begitu, ya tetap akan begitu. Inilah yang kemudian kerap dijadikan pembenaran oleh tidak sedikit orang untuk bermalas-malasan.

Padahal, jika merujuk ayat 11 surah Ar-Ra'd Al-Qur'an, takdir Tuhan sebenarnya juga ada yang bisa diubah. Asal manusia mau mengusahakannya dan tidak menjadi manusia pasif yang "nerimo" belaka.

Sayangnya, untuk mengubah takdir memang sulitnya bukan main. Jalannya terjal, berliku, dan penuh aral. Maka harap maklum bila banyak manusia yang awalnya menggebu-gebu semangatnya, akhirnya dibikin putus asa pula karenanya.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Pemilik PT Tancorp Abadi Nusantara Hermanto Tanoko: Ji Qi Zhi Zhui

Kendati demikian, Armuji menyarankan kita untuk tidak mengibarkan bendera putih pada ujian-ujian yang menghadang. "Dalam hidup, akan selalu ada rintangan dan cobaan. Tapi kita harus selalu optimistis, selalu berkarya, dan selalu berdoa. Pasti ada jalan menuju sukses," kata wakil wali kota Surabaya tersebut.

 

Mungkin, untuk menjadikan hamba-Nya lebih tangguh dan tidak congkak, Tuhan sengaja mempersulit manusia terlebih dahulu sebelum menjadikan cita-citanya terwujud. Sebagaimana ditegaskan pepatah Tiongkok, "好事多悭" (hǎo shì duō qiān): segala yang baik, akan menemui pelbagai hambatan. Tetapi, yakinlah, "天道酬勤" (Tiān dào chóu qín): orang ulet akan diwujudkan cita-citanya oleh Tuhan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: