Kalau Gagal Jadi Presiden, Anies Baswedan Ingin Lakukan Ini

Kalau Gagal Jadi Presiden, Anies Baswedan Ingin Lakukan Ini

Anies Baswedan saat menjadi pemimpin upacara HUT Ke-78 RI di Waduk Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Agustus 2023.-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Anies Baswedan termasuk salah satu kandidat kuat sebagai calon presiden (capres). Apalagi namanya sudah diusung oleh Partai Nasdem sebagai capres untuk berkontestasi di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Sejak diusung sebagai capres, banyak dukungan positif mengalir padanya. Dari berbagai lapisan masyarakat, maupun partai lain di luar Nasdem.

Banyak yang menilai sepak terjang Anies di pemerintahan berhasil. Kemampuannya pun sudah teruji sebagai birokrat di level kementerian, pemerintah daerah maupun sebagai akademisi.

Namun semua itu belum jaminan Anies bakal terpilih sebagai Presiden RI berikutnya. Pengganti Jokowi.

Nah, bagaimana jika Anies gagal menjadi capres atau mungkin masuk sebagai capres tapi gagal menjadi presiden?

Anies mendapatkan pertanyaan itu dari Prof Rhenald Kasali dalam sebuah video. 

"Andai Tuhan belum berkehendak kali ini Anda menjadi presiden, apa kira-kira yang akan Anda lakukan?" tanya Rhenald.

Anies tak langsung menjawab itu. Namun ia lebih dulu menyatakan ia selalu menyatakan kesiapannya menjalankan tugas ketika mendapatkan tugas atau amanah. Sekecil apapun. Di level apapun.

Ia mencontohkan hingga 2013 hingga sekarang masih diminta menjadi pembina karang taruna di kampungnya, di Jakarta. Anies menyatakan tugas itu tetap ia jalankan di tengah kesibukannya.

Anies kemudian mencontohkan yang lebih tinggi ketika diminta Joko Widodo menjadi juru bicara. Lalu ditunjuk memimpin Kementerian Pendidikan.

"Saya bukan tentang posisi. Kalau saya ditugaskan, saya kerjakan. Bila tidak saya banyak kegiatan lain yang bisa saya kerjakan terutama di bidang perubahan sosial dan kemajuan masyarakat," jelasnya.

Anies menyatakan punya kemampuan by training. Ia merasa sebagai seorang economist by training. Karena sekolahnya S1 Fakultas Ekonomi. Lalu S2-nya di bidang moneter. Dan S3-nya mendalami political economy.

Bagi Anies, kemajuan sebuah bangsa kuncinya pada kualitas manusia. Itulah mengapa ia sangat concern di bidang pendidikan.

Anies menjawab pertanayan Rhenald, intinya Anies ingin fokus mengerjakan yang baik dan benar. Apapun posisinya. Ia ingin sejarah yang akan membuktikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: