Strategi Ad Interim Mikel Arteta

Strategi Ad Interim Mikel Arteta

PESERTA Premier League terkejut dengan sepak terjang Arsenal musim lalu. Tim London Utara itu nyaris saja menjuarai Premier League andaikata tidak kehabisan bensin saat laga-laga terakhir kompetisi. Akibatnya, Arsenal yang mendominasi kedudukan puncak har--

Tak ada yang menyangka, Manajer Arsenal Mikel Arteta berhasil meramu strategi baru yang sejauh ini membuahkan hasil positif. Ia memindahkan Thomas Partey sebagai bek kanan. Alhasil, Bukayo Saka bisa bergerak lebih bebas di depan. Namun, itu cuma strategi ad interim. Strategi sementara. 

==========

SEBELUM team-sheet pertama Arsenal di musim baru Liga Premier 2023/2024 tiba, Thomas Partey bukanlah topik yang mendesak. Partey bahkan disebut-sebut bakal dilego.

Topik yang hangat dibicarakan justru posisi bermain Jurrien Timber. Juga soal posisi yang pas Kai Havertz. Sebab, saat pramusim, Leandro Trossard juga tampil sangat mengesankan.

Sekarang, setelah dua pekan berjalan dan memasuki minggu ketiga, masalah yang sama diangkat sebelum kemenangan 2-1 melawan Nottingham Forest masih tetap mencuat, apakah Partey kembali bermain di bek kanan?

Gelandang asal Ghana itu terlihat memainkan peran tersebut pada musim lalu. Namun, itu jelas lebih karena kebutuhan tim daripada keinginan pribadi pemain yang bersangkutan.

Keputusan Arteta membuat para analis kebingungan. Bahkan, perubahan itu kian membingungkan karena Gabriel yang biasa menempati posisi tersebut justru harus duduk manis di bangku cadangan.

Padahal, Gabriel menjadi bagian integral dari tim The Gunners musim lalu. Partey jelas sudah lama berkembang pesat dalam peran sentral di lini tengah. Logikanya, kalau tetap bertahan, Partey akan berduet dengan Declan Rice. 

Kalau sampai itu yang terjadi, kombinasi keduanya jelas sangat solid untuk Arsenal dan  menakutkan lawan-lawannya.

BACA JUGA:Rintangan Persebaya: PSS Sleman Masuk Daftar Tim Paling Produktif di Liga 1

Faktanya tidak begitu. Partey yang digeser ke kanan. Gabriel malah kehilangan posisi. Tak heran, Real Madrid pun meliriknya. Peminatnya tak kurang-kurang. Bahkan, Arab Saudi siap-siap mengajaknya bermain di gurun. 

Arteta rupanya sudah bisa membaca arah angin. Eks asisten Pep Guardiola itu mengatakan, Gabriel tetap ada dalam rencananya. Seusai melalap tim London Selatan Crystal Palace, Arteta mengatakan tak berniat menjual Gabriel. ”Tidak ada rencana penjualan. Saya ingin mendapatkan keseimbangan yang baik antara bertahan dan menyerang,” ucap Arteta, pelatih asal Spanyol, yang dikutip The Times Kamis, 24 Agustus 2023.

Dalam konteksnya terungkap bahwa Partey bermain di bek kanan itu ternyata bersifat taktis. Masuk akal untuk bereksperimen pada tahap musim ini melawan lawan yang tidak bersaing untuk posisi empat besar. Artinya, semua akan bergantung pada lawan yang akan dihadapi. Entah di mana posisi Partey saat melawan Manchester City, Liverpool, atau Manchester United.

Makna taktis lainnya adalah kian lepasnya gaya bermain Bukayo Saka. Saat Partey tampil sebagai bek kanan, Bukayo Saka terbebas dari tugas lain untuk membantu pertahanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: