Orang Telantar di Jatim Meningkat

Orang Telantar di Jatim Meningkat

Orang telantar yang berada di kantor Dinas Sosial Jawa Timur sebelum mereka dipulangkan ke daerah asalnya.-Michael Fredy Yacob-

“Kalau sudah dua kali, pasti kami tidak akan beri bantuan lagi. Artinya, mereka memilih untuk hidup di jalan. Tapi, kami akan bawa mereka ke UPT Liponsos. Di sana, mereka kita bina. Kembangkan potensi yang mereka miliki,” ucapnya.

Dari pembinaan yang dilakukan itu, banyak juga yang berhasil. Misalnya mengembangkan UMKM. Seperti kerajinan tangan dan lainnya. “Ada juga yang kembali ke jalanan. Memang paling susah itu mengubah mental mereka,” ungkapnya.

Dinas Sosial Jawa Timur selalu kedatangan orang telantar setiap hari. Dari catatan dinas tersebut, per 1 Januari - 25 Agustus 2023 sudah 954 orang telantar. Angka itu hampir melampaui jumlah orang telantar selama satu tahun di 2022, yakni 1.037 orang.

“Selalu ada penambahan setiap hari. Di 2021 lalu, angka orang telantar hanya 708 orang. Tahun ini sih sebenarnya kita dikasih target hanya 700 orang. Tapi ini sudah melampaui batas tersebut,” ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: