Kompetisi Atletik Pelajar Energen Champion SAC Indonesia Kembali Digelar, Diawali di Sumatera Qualifiers

Kompetisi Atletik Pelajar Energen Champion SAC Indonesia Kembali Digelar, Diawali di Sumatera Qualifiers

Para ofisial tim sekolah peserta Energen Champion SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers antusias mengikuti technical meeting (TM), Rabu 30 Agustus 2023.--

Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia, Energen Champion SAC Indonesia 2023 kembali digelar. Dimulai dari Sumatera Qualifiers yang dipusatkan di Medan, 1-3 September 2023.

Seluruh student athlete terbaik dari Pulau Sumatera akan berlomba di Stadion Universitas Negeri Medan (Unimed), Medan, 1-3 September 2023.

Sebagai rangkaian acara, pada Rabu, 30 Agustus 2023, panitia menggelar technical meeting (TM). TM Sumatera Qualifiers diikuti ofisial perwakilan sekolah yang terdaftar dalam kompetisi. Lebih dari 400 ofisial berkumpul di Gedung Serba Guna, Universitas Negeri Medan (Unimed).

Dalam TM tersebut dipaparkan regulasi Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers. Tujuannya agar siswa dapat memahami, menyetujui dan mematuhi regulasi yang berlaku.

Wajah-wajah yang tahun lalu mengikuti Energen Champion SAC Indonesia terlihat hadir kembali. Tapi tak sedikit juga ofisial baru yang hadir dalam TM.

Mereka tak sabar melihat siswa mereka berkompetisi. Salah satunya adalah Bambang Juahini, guru PJOK dari SMAN 13 Medan. Ia mengapresiasi kehadiran SAC Indonesia di Sumatra.

Bambang senang tuan rumah kompetisi tahun ini masih di Medan. Pada kompetisi kali ini, Bambang mengarahkan 32 siswanya yang akan bersaing dengan peserta lain. "Persaingannya luar biasa, semoga memberikan yang terbaik," kata Bambang.

Bambang menyebut pula bahwa TM SAC Indonesia 2023 menjadi ajang menjalin relasi dengan kolega-koleganya yang dahulu menempuh pendidikan olahraga. "Secara sosial, kami juga reuni di sini, bertukar ilmu juga," lanjut Bambang.

Hal senada diungkapkan Suyono dari SMAN 3 Medan. Ia hadir sebagai perwakilan dari 50 siswanya yang akan berkompetisi dalam Sumatera Qualifiers.

Suyono takjub melihat banyaknya ofisial yang juga mengikuti TM. Menurutnya guru-guru PJOK di Sumatra Utara memang sangat menantikan kompetisi SAC Indonesia. Kompetisi ini dinilainya menjadi ajang para siswa mengukur dan meningkatkan kemampuannya.

Suyono melihat bahwa SAC Indonesia menjadi pemantik munculnya klub-klub atletik dan ekstrakurikuler atletik di sekolah. Tren positif ini menunjang perkembangan aspek nonakademik siswa.

“Karena kalau ada kompetisi seperti ini, guru PJOK bisa mempersiapkan mereka. Khususnya siswa-siswi yang berpotensi," ungkap Suyono.

Suhardjo, technical delegate kompetisi Sumatera Qualifiers 2023, kagum melihat antusiasme ofisial dan peserta Sumatera Qualifiers. Apalagi jumlahnya meningkat dibanding kompetisi tahun sebelumnya.

Peningkatan peserta dan sekolah ini dinilai dapat mendorong kemampuan atletik anak muda Sumatra. "Semoga dengan animo seperti ini, Sumatra bisa menjadi lumbung atlet-atlet besar khususnya dalam olahraga atletik," ujar Suhardjo.

Energen Champion SAC Indonesia 2023-Sumatera Qualifiers digelar 1-3 September di di Stadion Unimed, Medan. Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia akan diikuti para peserta dari sekolah-sekolah di seluruh Sumatra.

Sumatra Qualifiers menjadi satu dari rangkaian kompetisi SAC Indonesia 2023 yang akan diselenggarakan pula di West Java, Central Java, East Java, Bali Nusra dan Jakarta Banten.

Energen Champion SAC Indonesia adalah hasil kerja sama PB PASI dengan DBL Indonesia. Pada kompetisi tahun lalu, kompetisi ini diikuti oleh 31 ribu pelajar dari lebih dari 2000 sekolah dari seluruh Indonesia.

Energen Champion SAC Indonesia akan kembali hadir dengan format kompetisi bertingkat, dimulai dari babak regional qualifiers dan National Championship.

Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/sederajat akan berkompetisi di tingkat nasional dalam babak National Championship. Juara dari babak National Championship dapat mengikuti training camp ke luar negeri.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: