Kebakaran TPA Kopi Luhur Masih Dalam Penyelidikan

Kebakaran TPA Kopi Luhur Masih Dalam Penyelidikan

Petugas bersiaga dekat titik api TPA Kopi Luhur, Cirebon yang terbakar pada Sabtu malam, 9 September 2023-BNPB-

HARIAN DISWAY - Kebakaran melanda tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Kopi Luhur di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat sejak Sabtu sore, 9 September 2023. 

Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cirebon, Arief Adhitya menyatakan bahwa penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan tim aparat gabungan. 

Namun Arief menyebut kondisi musim kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan memang berpotensi menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya kebakaran hutan maupun lahan.

BACA JUGA:Polisi Olah TKP Kebakaran Bukit Teletubbies Bromo, Netizen Desak Calon Pengantin Juga Jadi Tersangka

“Belum dapat analisa penyebab kebakaran seperti apa. Sedang tahap penyelidikan lebih lanjut dengan pihak terkait termasuk kelurahan,” jelas Arief seperti dikuti BNPB pada senin, 11 September 2023. 

Pada Senin pagi, BPBD Cirebon melaporkan bahwa api berangsur-angsur padam menyisakan beberapa titik bara api sejumlah lokasi. 

Petugas gabungan menyatakan masih dapat dikendalikan dan berada dalam pengawasan. “Api masih ada tapi masih dapat dikendalikan. Jadi masih dalam pengawasan kami,” kata Arief.

Di samping itu, warga yang mengungsi sebagian sudah kembali ke rumah masing-masing karena situasi dan kondisi mulai kondusif. 

BACA JUGA:Enam Kampus Indonesia Gandeng Lembaga Bahasa di Tiongkok

Warga juga telah membersihkan rumah mereka dari sisa-sisa kebakaran sampah yang terbawa masuk oleh angin.

Sebagai antisipasi dan mencegah agar kebakaran serupa tidak kembali terjadi, tim gabungan hingga saat ini masih bersiaga di lokasi kejadian.

Dinas Kesehatan Kota Cirebon juga berjaga di posko darurat untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga maupun petugas. Sementara itu, dapur umum juga didirikan oleh Dinas Sosial setempat.

Peristiwa kebakaran di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) bukan kali pertamanya terjadi. Sebelumnya kejadian serupa juga terjadi di TPA Sarimukti yang berada di Bandung Barat pada Sabtu 19 Agustus lalu.  

BACA JUGA:Waduk Gajah Mungkur Jateng Bersolek, Desember Sudah Bisa Dipakai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: