Tornado Hancurkan Kota Suqian di Tiongkok, 10 Orang Tewas!

Tornado Hancurkan Kota Suqian di Tiongkok, 10 Orang Tewas!

Tornado yang menghancurkan Kota Suqian, Tiongkok sehingga 10 orang tewas dan. Lebih dari 5000 orang dinyatakan terkena dampak dan 137 rumah hancur. -Dokumentasi © STR/AFP-https://www.rfi.fr/en/science-environment/20230920-tornado-in-eastern-china-kills-5-injures-4

HARIAN DISWAY - Tornado berhasil menyapu kota Suqian, Tiongkok bagian timur. Hingga menewaskan 10 orang. Bencana Tornado ini menjadi yang terbaru setelah cuaca ekstrem akhir-akhir ini yang menghantam Negeri Tirai Bambu pada Rabu 20 September 2023.

“Kemarin sore, angin puting beliung yang kuat terjadi di Suqian, Provinsi Jiangsu. Bencana itu menyebabkan korban jiwa dan kerugian harta benda di daerah tertentu,” tutur stasiun televisi negara CCTV, dikutip dari media AFP 20 September 2023).

Lebih dari 5000 orang dinyatakan terkena dampak tornado dan 137 rumah hancur.

“Tornado tersebut berdampak pada lebih dari 5.500 orang, dengan 137 rumah runtuh,” menurut statistik awal yang dikutip dalam laporan tersebut.

“Lebih dari 400 orang telah direlokasi sementara karena angin puting beliung,” kata media pemerintah.

Tiongkok mengalami hujan lebat yang memecahkan rekor dan suhu panas yang bersejarah selama berminggu-minggu pada musim panas ini.

BACA JUGA: Wahana Tornado Dufan Mati, Wisatawan Terjebak dalam Posisi Miring

Dikutip dari Reuters, peringatan cuaca buruk resmi dikeluarkan untuk wilayah barat daya Chongqing, beberapa wilayah di barat daya Guizhou, Hunan Selatan, Anhui Timur, dan Hubei Tengah

Hujan deras yang terjadi melanda wilayah Tenggara Tiongkok. Sehingga mengharuskan pemerintah untuk melakukan upaya evakuasi besar-besaran. Dikarenakan tanah longsor dan badai yang terus-terusan terjadi sebab sisa-sisa sapuan angin topan yang terjadi di Haikui.

Para ilmuwan mengatakan kejadian cuaca ekstrem seperti itu diperburuk oleh perubahan iklim.

Pada 2016, seluruh desa di Jiangsu rata dengan tanah. sebanyak 98 orang tewas setelah wilayah itu dilanda badai disertai angin topan dan tornado terburuk dalam setengah abad. (Salsa Amalika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: