Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diberi Nama "Whoosh", Ternyata Ada Singkatannya

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diberi Nama

Logo kereta cepat Whoosh yang disayembarakan. Pemerintah resmi mengganti nama kereta cepat menjadi Whoosh-Kemenhub-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Indonesia kini memiliki identitas jenama (merk/branding) yaitu “Whoosh”.

Hal tersebut diunumkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada  Konferensi Pers Desain Identitas Jenama Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kamis, 21 September 2023

Budi mengatakan, penamaan ini merupakan hasil dari sayembara terbatas pembuatan desain identitas yang dilakukan oleh tim penilai.

BACA JUGA:Pangeran MBS Beberkan Alasan Arab Saudi Getol Investasi di Olahraga, Tak Peduli Tudingan Sportswashing

Adapun tim penilai diketuai oleh Triawan Munaf, yang sudah melakukan penilaian sejak bulan Juli 2023 lalu.

Sedangkan yang menjadi tim pengarah Sayembara ini yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menhub Budi Karya Sumadi.


Menhub Budi Karya Sumadi dan penggiat ekonomi kreatif Triawan Munaf dalam pengumuman identitas jenama Kereta Cepat Jakarta-Bandung-Kemenhub-

"Atas arahan Bapak Presiden Joko Widodo, kita perlu memberikan identitas jenama atau identitas merek atau branding, yang mencerminkan nilai-nilai dari Kereta Api Cepat yang menjadi prestasi dan kebanggaan Indonesia," ujar Menhub.

Filosofi "Whoosh" berasal dari suara lesatan kereta cepat yang awam diucapkan, baik oleh masyarakat Indonesia maupun internasional.

BACA JUGA:Penjualan Tiket Persebaya Vs Arema Dibatasi, Polda Jatim Kerahkan 4.925 Personel Gabungan

Nama tersebut juga sesuai dengan penggambaran KCJB yang saat ini menjadi yang tercepat di Asia Tenggara.

Selain itu, "Whoosh" juga merupakan singkatan dari "Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal" yang menjadi identitas KCJB.

Budi menjelaskan, sayembara ini diikuti 10 agensi terpilih yang telah memiliki pengalaman dan rekam jejak yang baik.

“Dari 10 kandidat, akhirnya didapat tiga finalis karya terbaik yang nantinya akan kembali dinilai untuk dipilih satu karya yang paling terbaik,” ucapnya.

Pria berdarah Palembang ini berharap, penamaaan ini diharapkan makin meningkatkan kecintaan dan kebanggan  terhadap kereta cepat, yang  akan membawa peradaban baru, yang menjadikan Indonesia semakin diperhitungkan dunia dan akan mendukung terwujudnya visi misi Indonesia Emas di Tahun 2045.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia Triawan Munaf mengungkapkan, pemberian jenama atau branding sudah menjadi kebutuhan dalam setiap program atau produk yang diluncurkan.

BACA JUGA:Keren! Kemenag Kembangkan Al-Qur'an Berbasis Artificial Intelligence

Baik oleh pemerintah maupun non pemerintah. Beberapa contohnya yaitu pembuatan desain logo pada peringatan HUT Kemerdekaan RI, perhelatan Asian Games, dan Ibukota Nusantara (IKN).

“Sekarang kita memiliki kereta cepat yang perlu diberikan jenama yang sesuai, agar semakin populer dan disukai masyarakat. Sekarang sebutannya bukan lagi naik KCIC atau KCJB, tapi naik Whoosh," ujar Triawan.

Tiga desain jenama terbaik yaitu berasal dari agensi Visious Studio, Ou Creative, dan Feat. Untuk dapat melihat karya-karya terbaik dari para desainer jenama kereta cepat, masyarakat dapat mengaksesnya di situs kcic.co.id/jenamakeretaapicepat/.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: